Lima Pesan Bupati HUT Korpri ke-44

Lima Pesan Bupati HUT Korpri ke-44

  Selasa, 1 December 2015 09:04
pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah mengikuti upacara HUT Korpri ke-44 di Halaman Kantor Bupati Mempawah

Berita Terkait

MEMPAWAH- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-44 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah berlangsung hikmad. Dipimpin Bupati, Ria Norsan, peringatan ditandai dengan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Senin (30/11) pagi.

“Selaku abdi dan aparatur negara, maka korpri senantiasa dituntut untuk memberikan pelayanan publik yang semakin cepat, mudah, terjangkau dan terukur. Tuntutan tersebut menjadi tantangan dan tanggungjawab bagi seluruh aparatur sesuai tupoksinya,” kata Ria Norsan membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo.

Norsan mengungkapkan, ada lima pesan khusus yang ditujukanya kepada seluruh anggota Korpri dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan publik. Yakni, Korpri diminta melakukan percepatan reformasi birokrasi di semua tingkatan. Reformasi dimaksud harus dilakukan tanpa basa-basi dan dengan cara-cara yang lebih kreatif.

“Upaya perbaikan terhadap Korpri harus dilakukan dari hulu sampai hilir baik pada area perubahan mental aparatur, kelembagaan, ketatalaksanaan dan bidang lainnya. Karena masyarakat ingin segera melihat terwujudnya birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, birokrasi yang melayani bukan dilayani, serta birokrasi yang memberikan pelayanan publik yang berkualitas,” tegasnya.

Kemudian, lanjut Bupati, jajaran Korpri diharapkan mampu membangun mentalitas baru yang positif. Untuk itu, slogan revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo hendaknya dijadikan gerakan bersama seluruh anggota Korpri. Dengan integritas, jati diri Korpri sebagai abdi negara yang tepercaya harus dikembalikan.

“Dengan etos kerja, Korpri harus menjadi abdi masyarakat dan pelayan rakyat yang tangguh. Dan dengan gotong royong, kita tegakkan kembali eksistensi Korpri sebagai motor penggerak pembangunan nasional,” serunya.

Ketiga, sambung Norsan, dirinya berpesan agar aparatur harus mempersiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif, dan responsif terhadap perkembangan zaman. Aparatur harus memangkas semua kerumitan birokrasi serta memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik. Birokrasi harus adaptif dan inovatif dengan tantangan-tantangan baru. Pelayanan publik harus bisa dilakukan dengan lebih efisien dan kompetitif.

“Kedepan, saya meminta agar mekanisme kerja birokrasi juga harus berubah ke arah sistem pemerintahan elektronik atau E-Government. Sebab, banyak pekerjaan dalam birokrasi yang bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien dengan menggunakan teknologi informasi,” pendapatnya.

Keempat, timpal Norsan, anggota Korpri hendaknya mampu menjaga netralitas dalam penyelenggaraan pesta demorasi pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang.

“PNS harus selalu menjaga netralitas dan tidak menggunakan fasilitas pemerintah untuk kepentingan kampanye. Anggota Korpri harus fokus pada tugas dan fungsinya, sehingga dapat memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat tanpa ada diskriminasi kepada pihak manapun,” sebutnya.

Terakhir, Bupati berharap semua aparatur birokrasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah mampu menjadi motor penggerak produktivitas nasional dan daya saing bangsa. Sebab, menurut dia, bangsa Indonesia  telah memasuki era baru yakni era persaingan. Kompetisi yang  terjadi bukan lagi antar daerah, kota maupun provinsi, melainkan antar negara.

“Seluruh aparatur harus yakin dengan kemampuan diri sendiri sehingga mampu berkompetisi di era kompetisi regional dan global. Karena itu saya mengajak untuk terus meningkatkan kinerja, mendorong efisiensi, dan memperkuat sinergi agar pelayanan publik semakin baik serta daya saing bangsa kita pun semakin tinggi,” tukasnya.Turut hadir pada upacara HUT Korpri ke-44 tahun 2015 tersebut, Wakil Bupati, Gusti Ramlana, Sekretaris Daerah, Mochrizal, Forkopimda dan jajaran SKPD dilingkungan Pemerintah.(wah)

Berita Terkait