Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

  Rabu, 16 December 2015 07:50

Berita Terkait

Akhir tahun menjadi waktu yang dipilih banyak orang untuk mengajak keluarganya berliburan. Banyak objek wisata yang saat ini menjadi daya tarik untuk dikunjungi, baik di luar kota maupun hanya di dalam kota saja. Terpenting sesuaikan dengan kondisi dan keuangan yang dimiliki. Oleh : Marsita Riandini

Liburan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu setiap keluarga, untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang disayangi. Disela rutinitas pekerjaan yang padat, waktu liburan perlu dijalani untuk menghindarkan diri dari kejenuhan. Beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan.

Liburan bersama keluarga bukanlah sekedar jalan-jalan, atau menghabiskan waktu libur saja. Tetapi ada harapan lain, sepulang dari liburan anggota keluarga semakin dekat dan saling menyayangi. Demikian yang disampaikan oleh Dra. Fauziah, M. Pd kepada For Her. “Liburan itu khan waktunya sangat singkat. Itulah sebabnya harus dimanfaatkan baik-baik. Agar liburan itu menjadi menyenangkan, penuh manfaat, keluarga semakin kompak dan akrab,” jelas Ketua Jurusan Bimbingan Konseling Islam IAIN Pontianak ini.

Waktu yang setiap hari kian terbatas dengan orang-orang tercinta, mampu menurunkan keharmonisan. Dengan berlibur bersama, tentunya Anda akan memiliki waktu berkualitas dengan keluarga. Tawa canda, senda gurau, yang dilalui saat liburan akan menjadi hal yang paling tak terlupakan. Ini pula yang secara tidak langsung menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antar anggota keluarga.

Liburan juga dipercaya dapat mengurangi stress. Bayangkan saja, rutinitas yang dilakukan setiap harinya yang tanpa Anda sadari ternyata membangkitkan stres. Dari sekian banyak penelitian yang pernah dilakukan, perasaan stres akan cenderung menurun setelah berlibur. Boleh dibilang, liburan merupakan “obat” mujarab untuk menurunkan stres.

Namun, ada berbagai kesulitan yang kerap dialami beberapa keluarga untuk liburan bersama keluarganya. Apalagi jika anak-anak mereka usianya sudah remaja, yang kerap sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. “Mengklopkan waktu ini yang kadang sulit. Belum lagi kalau ternyata anak sudah punya kegiatan sendiri, misalnya liburan dengan temannya, atau ada aktivitas lain yang membuat dia enggan untuk liburan,” papar Kandidat Doktoral di Universitas Negeri Malang ini.

Agar liburan dapat terlaksana sesuai rencana, maka ada berbagai hal yang harus dipersiapkan. Hal pertama, lokasi liburan akan dihabiskan dimana. Jika di rumah saja, mungkin tidak terlalu masalah. Tetapi jika akan berkunjung ke suatu tempat, baik di dalam maupun luar kota, tentukan kemana objek wisata yang akan dipilih. “Ini juga harus disepakati bersama. Kalau tidak kompak, akan membuat suasana menjadi tidak menyenangkan. Sebab ada satu yang suka, ada yang tidak,” katanya.

Hal penting lainnya, dana yang disiapkan harus sesuai dengan lokasi wisata yang akan dikunjungi. “Jika tidak punya banyak biaya, maka ciptakanlah suasana liburan yang menyenangkan, meskipun hanya di rumah saja. Liburan itu tidak harus mahal, terpenting kenyamana dan kebersamaan tercapai,” jelasnya.

Hal apa saja yang akan dilakukan selama liburan juga harus ditentukan. Apakah ingin sekedar jalan-jalan atau mengikuti outbond. Apalagi sekarang ini banyak paket-paket wisata yang menyediakan arena hiburan juga.

 

 

 

Berita Terkait