Libur Panjang, Homestay Kepulauan Seribu Diserbu Wisnus

Libur Panjang, Homestay Kepulauan Seribu Diserbu Wisnus

  Kamis, 5 May 2016 15:48
www.pulauseribu-traveling.com

Berita Terkait

TREN berwisata di libur panjang akhir pekan mulai berubah. Tidak melulu ke kawasan Puncak, tapi ke arah pesisir.

Tidak sulit membuktikan asumsi itu. Pada libur panjang akhir pekan ini seluruh homestay di Kepulauan Seribu diserbut wisnus. Sekitar 8.000 wisman diperkirakan akan menghabiskan liburan, 5 sampai 8 Mei 2016 di gugusan pulau yang banyak menyimpan sejarah dan keindahan.

"Lebih 500 wisma dan homestay di pulau-pulau di Kepulauan Seribu dipesan sejak jauh hari," kata Micky Musleh, ketua Asosiasi Asosiasi Jasa Wisata Kepulauan Seribu.

Kebanyakan homestay dipesan wisatawan lokal asal Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan sedikit dari Bandung. Hampir semua homestay berada di permukiman.

"Mereka yang memesan belakangan harus menunggu sampai ada pemesan yang batal datang," kata Musleh. "Jika tidak dapat, pengunjung bisa menginap di rumah warga."

Homestay tersebar di Pulau Pramuka, pulau terbesar di Kepulauan Seribu, dan Pulau Tindung Kecil. Dari kedua pulau ini, pengunjung bisa menjelajah ke pulau-pulau sekitar.

Jika ogah menginap di rumah warga, ada penyewaan tenda. Tenda bisa dipasang di Taman Tanjung Elang, atau di depan Taman Nasional. Bisa pula ke Pulau Tidung Kecil.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan kelak tidak akan ada lagi wisatawan kehabisan homestay. Warga Kepulauan Seribu akan mendapatkan kredit pembangunan homestay dan toilet bersih dari Bank Tabungan Negara.**

Berita Terkait