Libatkan RT agar Tepat Sasaran

Libatkan RT agar Tepat Sasaran

  Senin, 20 June 2016 09:24
PAKET SEMBAKO: Kepala Pegadaian Cabang Ketapang, Bagus Danang Wahyu Aji, memberikan paket sembako murah secara simbolis kepada salah satu masyarakat penerima bantuan, yang berlangsung di halaman Kantor Pegadaian Cabang Ketapang, Jumat (17/6). ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – PT Pegadaian (Persero) Cabang Ketapang menggelar pasar murah Ramadan di halaman Pegadaian Ketapang Jalan Suprapto, Kecamatan Delta Pawan, Jumat (17/6) kemarin. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 100 paket sembako dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

 
Pimpinan PT Pegadaian Cabang Ketapang, Bagus Danang Wahyu Aji, mengatakan bahwa kegiatan pasar murah Ramadan tersebut merupakan salah satu kegiatan corporate social responsibility (CSR) mereka, yang bertepatan dengan bulan Ramadan, yang dilakukan seluruh kantor Pegadaian di Kalbar. Dalam kegiatan ini, sebanyak 100 paket sembako disiapkan mereka, untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

Bagus menambahkan, dalam paket sembako tersebut berisi lima kilogram (kg) beras, 2 kg gula pasir, dan satu liter minyak goreng yang harga normal di pasar setiap paket bisa mencapai Rp100 ribu. “Namun setelah kita subsidi, maka masyarakat cukup membayar Rp25 ribu untuk setiap paketnya,” kata Bagus.

Sedangkan dalam sistem pembagiannya, Bagus menjelaskan bahwa sebelumnya masyarakat yang menerima sembako tersebut telah terlebih dahulu menerima kupon yang mereka berikan. Untuk pembagian kupon tersebut, mereka bekerja sama dengan RT setempat di sekitar lingkungan Kantor Pegadaian di Kota Ketapang. Di Kota Ketapang sendiri mereka tersebar sebagai Pegadaian Cabang Kota Ketapang, Pegadaian Cabang Rangge Sentap, Pegadaian Cabang Pasar Baru, dan Pegadaian Cabang Jalan Transito. Kupon itu sendiri dibagikan mereka dengan mekanisme secara acak, sesuai kriteria yang telah ditetapkan. “Kita melibatkan RT untuk menentukan bagi masyarakat yang benar benar layak menerima bantuan ini,” ungkapnya.

Masih menurut Bagus, kegiatan CSR ini merupakan ajang tahunan, yang bertujuan untuk semakin mendekatkan mereka dengan masyarakat. Harapan dia, ke depannya, berbagai informasi maupun program-program mereka semakin cepat diketahui oleh masyarakat. Dimisalkan dia, seperti pada Ramadan ini, di mana terdapat  Program Berkah Ramadhan Merdeka, yang memberikan diskon sewa modal sebesar 50 persen untuk nasabah yang menggadai kredit cepat aman (KCA), dengan uang pinjaman bisa mencapai lebih dari Rp10 juta, dengan tempo kredit minimal 46 hari. Namun jatuh temponya, dikatakan dia, tetap selama empat bulan, di mana hanya pemberian diskonnya selama dua bulan. Selain itu, bagi nasabah yang ingin menambah pinjaman minimal Rp500 ribu, mereka akan memberikan cashback biaya administrasi gratis.

Sedangkan untuk Program Pegadaian Bertabur Emas 1437 H diperuntukkan mereka bagi nasabah yang melakukan pinjaman di atas Rp100 juta pertransaksi, yang akan diberikan satu keping emas dengan ketentuan hanya untuk produk KCA, Rahn, Krasida, Kreasi, dan Mulia. “Kami berharap dengan kegiatan ini PT Pegadaian Cabang Ketapang lebih dekat dengan masyarakat, sehingga masyarakat tidak malu datang ke Pegadaian, karena Pegadaian mengatasi masalah tanpa masalah,” harapnya. (pms/ser)

Berita Terkait