Levante 0 V 2 Barcelona; Terbantu Gol Bunuh Diri

Levante 0 V 2 Barcelona; Terbantu Gol Bunuh Diri

  Senin, 8 February 2016 10:40

Berita Terkait

VALENCIA-Barcelona meraih kemenangan 2-0 atas Levante dalam lanjutan La Liga. Hasil positif tersebut didapatkan dari gol bunuh diri dan kontribusi Luis Suarez.
Bermain di Stadion Ciutat de Valencia, Minggu (7/2/2016) malam WIB, Barcelona sempat dibuat kerepotan oleh Levante yang merupakan tim paling buncit di liga. Tapi akhirnya Barca pulang dengan tambahan tiga poin.
”Kami bermain tidak maksimal, seharusnya bisa lebih dari dua gol. Yang penting juga kami bisa membawa pulang tiga angka, karena pekan kedepan pertandingan kami akan semakin berat,” ujar pelatih Barcelona, Luis Enrique disitus resmi klub.

Di menit pertama, Andres Iniesta membuka peluang Barca untuk unggul lebih dulu. Iniesta mendapatkan bola muntah setelah kiper Levante, Diego Marino, membuang sepakan Luis Suarez. Bola masih terlalu tinggi melewati gawang.
Messi membobol gawang Levante di menit kedua tapi dianulir wasit karena offside. Serangan beruntun Barca itu malah seperti suntikan semangat untuk bangkit bagi Levante. Sepakan Deyverson sempat mengancam pertahanan Claudio Bravo tapi masih melebar.
Sebuah gol bunuh diri Levante membuat Barcelona unggul di menit ke-21. Jordi Alba menguasai sayap kiri tim tuan rumah dan menyerahkan bola kepada Iniesta. Bola membentur bek Levante, David Navarro, tanpa bisa diamankan Marino.
Memasuki babak kedua Levante langsung melancarkan serangan. Tapi upaya Dyverson yang mendapatkan umpan dari Morales tak berbuah gol.
Percobaan Barca untuk menambah gol juga belum berhasil. Barulah ketika pertandingan mendekati menit terakhir, Barca bisa menggandakannya.
Memanfaatkan serangan balik, Messi mengarahkan bola kepada Suarez dan disepaknya dengan kaki kanan hingga berbuah gol. Kedudukan 2-0 untuk keunggulan Barcelona.
Tambahan tiga poin itu membuat Barca kokoh di puncak papan klasemen La Liga dengan nilai 54. Dari 22 laga yang dilakoni, mereka sudah 17 kali menang, tiga kali seri, dan baru dua kali kalah. Sementara, Levante tetap mengisi juru kunci dengan nilai 17. Lawatan ke Levante jadi momen spesial Luis Enrique karena itu merupakan pertandingannya yang ke-100 sebagai pelatih Barcelona. Dari 99 laga yang sudah dilewati, tak ada pelatih lain yang punya statistik sebaik dia.
Tidak Josep Guardiola, tidak Frank Rijkaard, tidak Louis van Gaal, dan tidak juga Johan Cruyff punya rekor sebagus Enrique dari 99 pertandingan pertamanya di Barcelona. Barca di bawah Enrique dalam satu setengah musim terakhir merupakan kekuatan yang sangat mengerikan, menjadi mesin gol yang sangat produktif.
Dari 99 pertandingan di semua kompetisi yang dijalani Barca bersama Enrique, 79 di antaranya dituntaskan sebagai pemenang. Lionel Messi dkk mencatatkan 11 hasil imbang dan cuma sembilan kali kalah.
Rekor kemenangan itu bukan satu-satunya keunggulan Enrique atas Guardiola, Rijkaard, dan Cruyff. Yang paling mencolok dari Barcelona di bawah Enrique adalah soal produktivitas gol karena dari 99 pertandingan tersebut sudah ada 300 gol tercipta. Dalam kurun yang sama gawang Barca juga kebobolan paling sedikit (72 gol).
Jelang pertandingannya yang le-100, masih ada rekor yang lepas dari tangah Enrique. Baru memiliki lima gelar, Enrique tak bisa menyamai Guardiola yang sudah memiliki enam gelar saat menjalani pertandingannya yang ke-100.
Enrique saat ini juga telah mengantar Barca menjalani 27 pertandingan beruntun tanpa terkalahkan di semua kompetisi. Dia tinggal terpaut satu laga lagi untuk menyamai rekor rangkaian laga tak kalah terpanjang yang dipegang Guardiola (28). Demikian dikutip dari Sport.(int)

Berita Terkait