Let's Build Our Body!

Let's Build Our Body!

  Jumat, 8 April 2016 09:43

MULAI film sekelas Neighbors (2014) sampai Avengers: Age of Ultron (2015), semua pemain utamanya punya bentuk badan yang oke banget. Berotot dan sehat. Nggak heran deh kalau makin lama bodybuilding nggak cuma dilakukan orang dewasa. Anak-anak muda generasi Z juga berlomba-lomba membentuk badan loh, baik cowok maupun cewek.

Hampir tiap hari ada aja anak muda yang memenuhi gym dan tempat olahraga lain. Tapi, tahu nggak sih, menurut Jansen Ongko, fitness & health educator, rutin workout aja nggak cukup buat mencapai bentuk badan ideal. ’’Workout hanya membantu merusak inti sel. Untuk hasil optimal, otot butuh protein, satu-satunya zat gizi yang diperlukan otot,’’ terang Jansen.

Dia mengungkapkan, sebenarnya olahraga yang ideal nggak dilakukan setiap hari. Tapi tiga sampai empat kali dalam seminggu. Protein yang cukup akan membantu memelihara jaringan otot dan meningkatkan pemulihan dari latihan angkat beban yang berat. Lalu, boleh nggak sih mengganti asupan gizi itu dengan suplemen atau sejenis whey protein? Menurut Jansen, program bodybuilding sebaiknya dilengkapi dengan mengonsumsi makanan alami karena memiliki lebih banyak kandungan gizi. 

’’Jika terpaksa menggunakan suplemen, ya tidak ada masalah. Asalkan masih disertai dengan protein dan mineral. Tapi, perlu diingat, jangan menjadikan suplemen sebagai makanan utama. Sebab, sebenarnya suplemen adalah makanan pendamping,’’ tuturnya. (fri/c14/rat)