Lestarikan Tradisi Lomba di Hari Kemerdekaan

Lestarikan Tradisi Lomba di Hari Kemerdekaan

  Sabtu, 20 Agustus 2016 09:32
ANTUSIAS: Anak-anak tampak antusias mengikuti lomba perayaan hari kemerdekaan yang dilaksanakan FKPP Mempawah.

Berita Terkait

MEMPAWAH- Semarak perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 terus menggema. Beragam kegiatan lomba dan acara dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat hingga ditingkat desa. Tak hanya menciptakan kemeriahan, sekaligus upaya melestarikan tradisi lomba pada hari perayaan kemerdekaan negeri ini.

Seperti yang dilaksanakan panitia lomba hari kemerdekaan yang digagas Forum Komunikasi Pemuda Penggerak (FKPP) Mempawah. Beragam jenis lomba seperti makan kerupuk, menyusun menara, guli sendok (gusen) dan lainnya, berhasil menarik antusias masyarakat untuk berpartisipasi.

 “Tujuan kita melaksanakan kegiatan lomba ini semata untuk memeriahkan perayaan hari kemerdekaan. Agar uforia hari kemerdekaan ini bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali,” tutur Sekretaris FKPP, Hidayah, S.Pd, Jumat (19/8) siang di Mempawah.

Hidayah menilai, kegiatan lomba tersebut sekaligus memberikan edukasi bagi para peserta yang notabene anak-anak. Yakni memberikan pembelajaran tentang nilai-nilai perjuangan dalam setiap lomba yang diikuti perserta. Sehingga, para peserta dapat memaknai semangat perjuangan yang telah dilakukan para pejuang kemerdekaan.

 “Kami juga ingin mengajarkan semangat kompetisi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas bagi anak-anak. Tidak hanya berkompetisi dalam ajang lomba, melainkan mencakup segala bidang. Termasuk kompetisi dalam belajar dan meraih prestasi lainnya,” pendapatnya.

Tidak hanya itu, masih menurut Hidayah, kegiatan lomba yang diselenggarakannya ditujukan untuk melestarikan nilai-nilai tradisi yang telah dilaksanakan generasi sebelumnya dalam memeriahkan perayaan hari kemerdekaan. Sebab, dirinya menilai tradisi lomba merupakan kegiatan positif yang harus dilestarikan.

 “Jika tradisi lomba ini tidak kita lestarikan, kami khawatir akan semakin hilang seiring perkembangan zaman. Jangan sampai generasi mendatang sudah melupakan perayaan hari kemerdekaan. Makanya, kegiatan lomba seperti ini harus terus dilaksanakan dan ditambah kemeriahannya,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait