Lestarikan Sasando

Lestarikan Sasando

  Senin, 18 September 2017 10:00
WINDA dan SHEILA

Berita Terkait

PENYANYI Winda Saskia tak pernah berhenti mengeksplor kemampuannya bermusik. Setelah sebelumnya mencuri perhatian lewat single bergenre dangdut berjudul Di Situ Kau Merasa Sedih. Kali ini, Winda sapaan akrabnya meng-kolaborasikan alat musik Sasando dengan electronic dance music (EDM).  

Bersama label Oka Music Entertainment (OME). Winda-sapaan akrabnya,- menyebutnya sebagai WinSas project. ”WinSas ini bisa berarti Winda Saskia atau Winda Sasando,” ujarnya saat jumpa pers di Pizza Café Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/9).

Minimnya penggunaan alat musik Sasando di tengah industri musik menjadi alasan penyanyi berusia 30 tahun itu menjatuhkan pilihannya pada alat musik asal daerah NTT ini. ”Kalau tidak dilestarikan, sasando bisa punah, dan  hanya segelintir orang yang bisa memainkan alat musik itu,” katanya. 

Sebagai salah satu bukti keseriusannya, Winda berduet dengan pemain Sasando, yakni Gaspar Araja dan DJ Sheila Marcia. Mereka melantunkan sejumlah lagu yang terdengar nyaman di telinga. ”Menggabungkan musik EDM dengan musik daerah itu seru. Apalagi Sasando dari NTT yang enak banget bunyinya. Kami sekaligus pengin mengangkat budaya tanah air,” jelasnya.

Lewat project ini, Winda pun mencoba untuk membawa misi perdamaian. Misi ini seiring dengan bergabungnya Winda di label Oka Music Entertainment (OME). ”OME ini menjadi wadah bagi talenta Timur Leste untuk terjun ke industri musik Indonesia,” ujar Winda yang dipercaya sebagai duta kesenian Timor Leste itu. (ash)

Berita Terkait