Lestarikan Budaya Daerah

Lestarikan Budaya Daerah

  Senin, 10 Oktober 2016 09:31
LANCENG PARABEN: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali saat membuka puncak kegiatan Lanceng Paraben 2016 di Desa Parit Masegi Kecamatan Sungai Ambawang | Ashri isnaini/pontianak post

Berita Terkait

KUBU RAYA— Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menginginkan setiap kebudayaan daerah dari berbagai etnis yang ada di Kubu Raya bisa terus dijaga dan dilestarikan. 

“Karena menjadi salah sata daerah tujuan transmigrasi, seiring dengan perkembangan zaman secara umum cukup banyak suku atau etnis yang ada di Kubu Raya ini. Makanya agar bisa selalu hidup harmonis dan berdampingan sudah selayaknya masyarakat Kubu Raya menjaga pelestarian kebudayaan yang ada,” kata Rusman Ali saat menghadiri puncak kegiatan Lanceng Paraben 2016 di Desa Parit Masegi Kecamatan Sungai Ambawang, Sabtu malam (8/10). 

Lanceng Praben merupakan salah satu ajang terbesar suku madura. Pemilihan Lanceng Praben bertujuan  memilih putra-putri madura terbaik untuk dijadikan sebagai duta dalam mengenalkan dan melestarikan budaya setempat.

Seluruh peserta lanceng paraben yang berjumlah 20 pasangan ini, merupakan pemuda dan pemudi Kabupaten Kubu Raya, berkompetisi menjadi terbaik. Mereka berasal dari sembilan kecamatan yang ada di Kubu Raya. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi generasi muda mengenal dan mengerti budaya yang dimiliki.

Rusman Ali mengatakan pihaknya bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat menyambut baik serta memberi dukungan penuh terhadap pelaksanaan acara lanceng paraben.

“Acara lanceng paraben ini merupakan sebuah bentuk dari sekian banyak kebudayaan bangsa Indonesia yang ada di Kabupaten Kubu Raya yang perlu kita lestarikan bersama,” ucapnya. 

Pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota DPR RI ini menilai pelaksanaan lanceng paraben merupakan satu media sarana untuk tetap menjaga dan melestarikan kekayaan budaya yang dimiliki masyarakat Kubu Raya. Sekaligus sebagai sarana memupuk dan membangun generasi berkualitas.

“Untuk itu kita perlu melestariakan acara positif lanceng paraben ini. Karena sangat baik sekali, untuk memunculkan generasi-generasi berkualitas serta menggali potensi anak daerah. Di sini mereka mengadu skil dan kemampuan baik intelektual maupun kepribadian dan attitudenya,” ujar Rusman Ali.

Kegiatan Lanceng Praben Kubu Raya 2016 terlaksana atas kerjasama IKBM Kalbar, IKBM Kubu Raya bersama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya lewat Dinas Pariwisata, Pemuda, Olah Raga dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kubu Raya. (ash) 

Berita Terkait