Lepas 102 Mahasiswa

Lepas 102 Mahasiswa

  Jumat, 8 April 2016 09:11
PELEPASAN: Mahasiswa IP Untan saat mengikuti acara pelepasan di Aula Setda. FOTO MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

ASISTEN II Setda Kapuas Hulu, Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs H. Hasan  Kamis (7/4) pagi di Aula Setda melepas 102 mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak. Para mahasiswa ini sudah melaksanakan KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) di Kecamatan  Kalis, Putussibau Utara dan di Putussibau Selatan selama satu bulan.

Pada kesempatan tersebut Hasan mengatakan, ditingkat kabupaten memang masih belum memadai sumber daya manusia (SDM) pemerintahannya. Demikian juga dengan jumlahnya juga masih sangat terbatas. Untuk itu dia menilai jurusan IP ini perlu diteruskan, jangan sampai putus ditengah jalan. Dalam upaya memenuhi kebutuhan SDM di daerah-daerah, khususnya dibidang ilmu pemerintahan.

Mantan Kadis Perkebunan dan Kehutanan Kapuas Hulu ini menilai, dengan adanya KKM mahasiswa IP, telah memberikan dampak positif di 15 desa dimana mereka bertugas. "Mahasiswa IP ini sudah KKM di Kapuas Hulu sejak 8 Maret, saya yang mewakili Pemkab Kapuas Hulu menerima mereka. Hari ini saya lagi yang melepas mereka. Mahasiswa sudah beradaptasi dengan masyarakat," papar Hasan.

Ia pun menjelaskan, KKM adalah pendidikan awal, sebagai realita kerja kedepan, setelah mahasiswa meninggalkan almamaternya. Apa yang didapat pada saat KKM jangan disia-siakan. “Saya minta apa yang didapat saat KMM diimplementasikan," pesan Hasan. Sementara itu, Kades Sungai Uluk Palin, Kecamatan Putussibau Utara, Eddy BS, berharap KKM mahasiswa IP bukanlah pertama dan terakhir.

Ia Berharap bisa lebih dari angkatan ini yang melaksanakan KKM di wilayah Kapuas Hulu. Sehingga anak-anak daerah Kapuas Hulu bisa dapat kesempatan ikut IP. Dilapangan, kata Edi, mahasiswa IP yang KKM sering membantu masyarakat desa dan menata pemerintahan desa. "Dengan adanya mahasiswa KKM, kami merasa sangat terbantu dalam management pemerintahan desa," ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa IP yakni Pransiskus Amos menyatakan, KKM mahasiswa jurusan prodi IP bertugas di 15 desa yang ada di 3 kecamatan kabupaten Kapuas Hulu. Kecamatan tersebut Kalis, Putussibau Utara dan Putussibau Selatan. "Jumlah kami 102 orang," tuturnya. Selama KKM ia dan rekan-rekannya banyak dapat dukungan masyarakat terutama saat kegiatan dilapangan.

Sehingga dalam satu bulan melaksanakan kegiatan KKM, semunya bisa berjalan baik dan lancar. "Kami bertrimakasi atas dukungan Pemkab Kapuas Hulu dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan KKM dilapangan, sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik," paparnya. Dia juga mengatakan, kegiatan KKM mahasiswa IP ini merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi.(aan)

Berita Terkait