Lebih 200 Pengendara

Lebih 200 Pengendara

  Rabu, 28 Oktober 2015 13:09
PERIKSA: Anggota Polres Sintang saat memeriksa kelengkapan berkendara pemilik kendaraan. SUTAMI/PONTIANAK POST

SELAMA sepekan operasi zebra digelar lebih 200 kendaraan terjaring dalam razia. Kepatuhan hukum berlalu lintas diabaikan menyebabkan pengendara harus ditilang. “Pelanggaran didominasi tidak mempunyai  kelengkapan berkendara baik STNK maupun SIM,” kata Kasat Lantas Polres Sintang Ajun Komisaris  Ryan D Hutagalung, kemarin.Semua kendaraan itu ditindak karena melakukan berbagai pelanggaran peraturan lalulintas, mulai dari perlengkapan kendaraan hingga surat izin mengemudi (SIM).

Menurut Kasat selain menilang, Polres  juga mengamankan sebagian kendaraan roda dua dan kendaraan bermotor pribadi, karena tidak mempunyai kelengkapan surat berkendara. Dimana  prioritas operasi zebra sendiri adalah kelengkapan kendaraan dan pengemudi serta berbagai pelanggaran yang berpotensi memicu dan menyebabkan kecelakaan serta kemacetan lalu lintas.  Diantaranya pengemudi di bawah umur, melawan arus lalu lintas, aksi geng motor atau balapan liar.

Selain itu, kendaraan bak terbuka bukan untuk memuat orang, menaikkan serta menurunkan penumpang tidak pada tempatnya serta kendaraan yang menggunakan trotoar juga menjadi sasaran razia. “Operasi Zebra bertujuan agar dapat mendorong tercapainya peningkatan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Untuk pemberlakuan denda maksimal bagi pengendara roda dua dan empat yang melanggar lalu lintas tersebut, Polres telah mengkoordinasikan dengan Pengadilan Negeri,” kata Kasat.

Kasat  menambahkan, operasi zebra akan terus  digelar secara rutin hingga 4 November mendatang. Operasi digelar untuk memberikan tindakan tegas bagi pelanggaran berlalu lintas. "Ini untuk kebaikan kita semua, mari ciptakan lalu lintas yang aman, nyaman dan tertib," kata Kasat.Sementara 30 pengendara bermotor ditilang  Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Sintang dalam  giat Operasi Zebra, Selasa (27/10), kemarin. Razia berlangsung di pertigaan jalan taruna, tepatnya di samping rumah sakit umum daerah (RSUD)  Ade M Djoen Sintang.(stm)