Langkah Sukses Menjadi Entrepreneur

Langkah Sukses Menjadi Entrepreneur

  Kamis, 7 January 2016 08:39   803

 Oleh: Wijaya Dozen

Setiap orang memiliki impian untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Namun Banyak orang berpikir untuk menjadi seorang entrepreneur itu sulit, butuh modal yang besar dan mereka cendrung takut untuk memulainya karena tidak ada jaminan keberhasilan ketika sudah terjun ke dunia usaha. Sebagian besar pegawai tidak mempunyai pemikiran untuk menjadi seorang entrepreneur karena sudah merasa nyaman dengan rutinitas dan gaji yang pasti. Banyak pegawai yang sudah bekerja cukup lama, 10 atau bahkan lebih dari 20 tahun dan mereka yakin kalau perusahaan pasti akan memperhatikan kesejahteraan mereka, baik kenaikan gaji, jabatan, fasilitas, maupun tunjangan, sekalipun mereka sudah pensiun nantinya.

Namun setelah kita bekerja belasan bahkan puluhan tahun, maka pekerjaan kita tidak lama lagi akan di gantikan oleh mereka yang masih muda dan memiliki semangat dan kinerja yang lebih baik dari kita. Jadi, jika kita menjadi seorang entrepreneur maka kita tidak akan mengalami hal seperti itu. Setelah kita mulai menjadi seorang entrepreneur berbagai tantangan akan datang silih berganti. Seperti mulai dari masalah keuangan, perekrutan (SDM), produksi, pemasaran, persaingan, pergudangan, dll. Untuk menyingkirkan atau meminimalisasi permasalahan tersebut, sebaiknya sebelum kita memulai usaha buatlah perencanaan yang baik, seperti melakukan studi kelayakan bisnis, perencanaan bisnis (business plan), perencanaan pemasaran (marketing plan), proyeksi arus kas (projected cash flow), bagaimana merekrut tenaga kerja, dll.

Membuat perencanaan bisnis (business plan) artinya kita bisa memperkirakan berapa modal yang dibutuhkan, mencari tempat yang cocok untuk memulai usaha, mendapat gambaran berapa keuntungannya yang bisa kita dapatkan, dan berapa lama pengembalian dana investasi yang kita keluarkan.

Membuat perencanaan pemasaran (marketing plan) artinya bagaimana strategi kita mendatangkan pengunjung ketempat usaha kita. Beberapa strategi yang bisa kita lakukan, misalnya menyebarkan brosur, memberikan diskon, spesial promosi bekerjasama dengan media sosial, dll.

Terkadang apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, namun sebagai seorang entrepreneur harus memiliki mental yang kuat dan tidak cepat putus asa. Orang sukses memulai segalanya dari nol. Jika kita sedang menghadapi masalah dan tidak mendapatkan solusi, maka kita membutuhkan bantuan orang lain untuk mencarikan solusi yang tepat, seperti seorang business consultant yang sudah jelas rekam jejaknya dalam memberikan solusi. Dengan menjadi seorang entrepreneur maka kita akan lebih muda meraih kebebasan finansial dan kebebasan waktu.

Untuk menjadi seorang entrepreneur sebenarnya tidak susah jika kita berani untuk mengambil resiko, karena apa yang kita ambil itulah penentu kesuksesan masa depan kita. Kegagalan dan kesuksesan berada di tangan kita. Jika kita gagal,itu artinya kita punya satu langkah untuk menjadi sukses. Belajarlah dari pengalaman gagal kita maka kita akan sukses. Sikap kita untuk menuju kesuksesan adalah harus selalu bersyukur dengan apa yang ada, disiplin diri kita kapanpun dan dimanapun, ulet, dan yang paling penting adalah kita harus mempunyai impian atau tujuan.

 

*)Mahasiswa Polteq