Langgar Jam Masuk Kerja

Langgar Jam Masuk Kerja

  Sabtu, 6 Agustus 2016 09:30
SANKSI: Pegawai telat masuk, bakal disanksi. ILUSTRASI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SEKDA Mempawah, Mochrizal, menegaskan kepada setiap PNS untuk siap dengan semua peraturan yang bersifat mengikat.

 
Satu di antaranya mengenai sanksi bagi PNS yang melanggar jam masuk kerja. Sebab aturan mengenai disiplin PNS tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, dan Peraturan Kepala BKN Nomor 21 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

“Tidak ada lagi pegawai yang tidak tahu mengenai apa yang menjadi kewajiban dan larangan bagi PNS,” tegasnya.

Selain itu, Mochrizal juga menekankan kepada setiap pimpinan satuan kerja perangkat daerah untuk dapat mensosialisasikan peraturan tersebut kepada seluruh PNS di lingkungan unit kerjanya. Sebab apabila tidak dilaksanakan, maka Sekda mengancam akan memberikan sangsi disiplin kepada pimpinan tersebut. 

“Hal ini sebagaimana pasal 21 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010. Pimpinan unit kerja harus membina pegawai yang tidak disiplin. Karena jika tidak, maka sanksi disiplin tersebut akan dijatuhkan kepada pimpinan unit kerja bersangkutan,” ujarnya.

Mochrizal menyebut sumpah/janji PNS merupakan bentuk komitmen ketaatan pada kewajiban untuk tidak melanggar kode etik dan larangan sebagai seorang pegawai negeri sipil. Ia mengingatkan sumpah/janji tidak saja dipertanggungjawabkan kepada pemerintah, masyarakat, maupun diri sendiri, melainkan yang utama kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Pegawai negeri sipil harus berintegritas dan profesional. Selain harus transparan dan komit pada pelayanan, PNS diminta berani bertanggung jawab terhadap segala tindakan. Harus konsisten dan terus belajar bersikap positif dan terbuka. Sebab sumpah yang diucapkan harus dipertanggungjawabkan,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait