Landasan Tebelian Tambah 400 Meter

Landasan Tebelian Tambah 400 Meter

  Senin, 1 February 2016 08:51
MENDARAT: Sebuah pesawat mendarat di landasan pacu Bandara Tebelian Sintang saat praoperasional pada Agustus 2015 silam. SUTAMI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINTANG-Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Sintang, Hatta memastikan pembangunan Bandara Tebelian hingga kini terus berlanjut. Panjang landasan pacu bahkan ditambah dan kini tengah dalam pengerjaan. “Tambah 400 meter,” kata Hatta.

Menurut dia, pembangunan Bandara Tebelian merupakan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang dalam membangunan akses transportasi. Komitmen tersebut bakal dijalankan hingga bandara bisa terselesaikan.Seperti diketahui praoperasional Bandara Tebelian sudah diresmikan pada 18 Agustus 2015 silam.

Saat itu, pesawat dengan kapten pilot Drajat Nan dan ko pilot Andre berpenumpang 18 orang  mendarat mulus di Bandara Tebelian pukul 13.37 WIB. Pesawat bertolak dari Bandara Supadio satu jam sebelum mendarat.Rombongan keberangkatan dipimpin Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Sintang, Hatta. Perwakilan Kementrian Perhubungan, Bappenas, perwakilan Pemprov Kalbar, anggota DPRD Kalbar, kepala stasiun meteorologi BMKG Supadio, perwakilan maskapai juga ikut dalam penerbangan untuk mendarat di Bandara Tebelian.

Saat itu, Kepala Operasional Bandara Soekarno-Hatta, mewakili Kementrian Perhubungan, Bintang Hidayat mengatakan, tes flight Bandara Tebelian tanpa kendala. Lokasinya sangat memungkinkan dan kawasan bandaranya lebih aman. “Jadi sangat mendukung bagi penerbangan,” ungkapnya.Ia menambahkan, pemerintah pusat memberikan perhatian besar terhadap Bandara Tebelian. Itu terbukti sejak 2008 hingga kini, tak kurang Rp300 miliar sudah digelontorkan untuk membangun Bandara Tebelian. “Kalau sudah operasional, Kementrian Perhubungan akan mengambil alih Bandara Tebelian,” katanya.

Akses sisi darat pembangunan Bandara Tebelian juga sudah dikerjakan. Panjang jalan masuk  1.300 meter dan lebar 60 meter. Pekerjaan dimulai dari tahap satu meliputi pengerasan jalan menggunakan tanah dan dilanjutkan dengan pekerjaan tahap dua berupa pengaspalan.(stm)

Berita Terkait