Lampu Kuning untuk Djokovic

Lampu Kuning untuk Djokovic

  Rabu, 31 Agustus 2016 09:30
Novak Djokovic

Berita Terkait

NEW YORK--Novak Djokovic memang mampu melewati pertandingan pertamanya di Amerika Serikat (AS) Terbuka kemarin dini hari. Petenis Polandia Jerzy Janowicz dia tumbangkan 6-3, 5-7, 6-2, 6-1. Namun, penampilannya malah bikin was-was. 

Pasalnya, Djokovic sampai butuh waktu 2 jam 37 menit untuk mengakhiri laga itu. Beberapa kali Nole-panggilan akrab Djokovic juga tampak meringis kesakitan usai melepaskan tembakan di tengah pertandingan. 

Pukulan forehand yang dia lepaskan juga tidak tajam seperti biasanya. Rata-rata hanya berkecepatan 100 mph.

Bahkan, di pertengahan set pertama dia sempat mengambil medical timeout. Tim medis lantas tampak menghampirinya. Mereka memberikan threatment kepada lengan kanan petenis ranking satu dunia tersebut. 

Pemandangan tersebut sontak memunculkan isu baru terkait kondisi kebugaran Djokovic. Masalah cedera yang dihadapi petenis 29 tahun itu ternyata bukan hanya di pergelangan tangan kiri. Lengan kananya juga tidak fit.

Menanggapi pertanyaan terkait hal itu, usai laga Djokovic mencoba menepisnya. “Itu hanya tindakan pencegahan. Semua baik-baik saja,” ucap juara AS Terbuka 2011 dan 2015 itu dilansir Reuters.

“Setelah melewati semua hal di dua minggu terakhir, lega bisa menyelesaikan laga ini dan menang,” tambah pengumpul 12 titel grand slam tersebut.

Pasca juara di Australia Terbuka dan Prancis Terbuka awal tahun ini, performa Djokovic memang mendadak anjlok. Cedera pergelangan tangan kiri yang mengganggunya. Di grand slam Wimbledon dia terhenti di babak ketiga oleh Sam Querrey. Puncaknya di Olimpiade Rio lalu. Dia langsung tersingkir di babak pertama oleh Juan Martin del Potro.  

Untungnya, lawan yang dihadapi Nole kemarin baru Jerzy Janowicz. Petenis 25 tahun ini masih memiliki skill di bawah Djokovic. Kini Janowicz tercatat berada di peringkat 246 dunia. 

Andai saja petenis yang dihadapi kualitas yang sedikit lebih baik, bisa saja Djokovic sudah tersingkir. Di babak selanjutnya, Nole bakal ditantang petenis Republik Ceko Jiri Vesely (ranking 49 dunia).

Di lain sisi, digadang-gadang bisa menciptakan kejutan, peraih emas tunggal putri Olimpiade Rio, Monica Puig malah mendapat hasil anti klimaks di AS Terbuka ini. Kemarin petenis Puerto Rico itu langsung tersingkir di pertandingan pertama. 

Puig tumbang di tangan petenis Tiongkok Zheng Saisai dua set langsung 6-4, 6-2. Petenis 22 tahun itu mengatakan, dia butuh membiasakan diri ketika ekspektasi banyak pihak kini tertuju kepadanya.

“Begitu banyak tekanan dan ekspektasi. Ini tentu berbeda dengan situasi yang aku hadapi biasanya. Aku butuh sedikit waktu membiasakan diri,” ucap orang Puerto Rico pertama yang mampu meraih emas Olimpiade tersebut. (irr)

Berita Terkait