Lakukan Dialog dan Beri Motivasi

Lakukan Dialog dan Beri Motivasi

  Senin, 9 May 2016 10:24
KUNJUNGAN KERJA: Bupati Ketapang Martin Rantan SH melakukan dialog dengan masyarakat di Kantor Camat Air Upas dalam kunjungan kerjanya belum lama ini ke kecamatan tersebut. (kanan) Bupati bersama Ketua TP PKK Ny Elysabet Martin Rantan disambut upacara adat warga Desa Tanah Hitam saat berkunjung ke Kecamatan Singkup. HUMASKABF FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

KETAPANG – Bupati Ketapang Martin Rantan SH dalam setiap kesempatan melakukan kunjungan kerja, selain memberikan pengarahan motivasi, juga menerima masukan saran dari masyarakat. Hal tersebut dilakukan dia ketika membuka sesi dialog di setiap kali kunjungan kerja tersebut.

Hal ini dilakukan Bupati ketika menghadiri Pembukaan TMMD di Kecamatan Nanga Tayap bersama Gubernur dan Pangdam XII Tanjungpura. Usai dari Nanga Tayap, Bupati beserta jajarannya melanjutkan kunjungan kerja ke Kecamatan Air Upas dan Kecamatan Singkup. Ketika memberikan pengarahan, Bupati selalu mengingatkan masyarakat akan bahaya narkoba. “Kecamatan Air Upas dan Kecamatan Tumbang Titi sudah masuk daftar merah peredaran narkoba,” gugah Bupati ketika membuka dialog dengan masyarakat di Kantor Camat Air Upas.

Kecamatan Air Upas sendiri merupakan pemekaran dari Kecamatan Marau, yang saat ini mengalami perkembangan pesat di bidang pembangunan dan ekonomi. Di sisi lain, lancarnya arus transportasi poros jalan strategis nasional, diakui Bupati, ternyata juga diikuti masuknya dampak negatif seperti perjudian, prostitusi, hingga narkoba. Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati barang haram tersebut. Barang yang satu ini, diingatkan dia, sangat berbahaya karena akan merusak masa depan generasi muda.

Kesempatan dialog dibuka Camat Air Upas Drs Sugiarto. Keluhan dan saran dari masyrakat yang hadir terlontar. Pengaduan-pengaduan seperti kondisi jalan yang rusak, sarana pendidikan dan tenaga pengajar yang kurang, kesehatan, bahkan sampai dengan pemekaran wilayah desa dilontarkan di sana. 

Disampaikan Bupati, untuk membenahi infrastruktur dengan luas wilayah dan panjang jalan yang ada, membutuhkan dana yang besar. Sementara, dia tak memungkiri jika APBD Kabupaten Ketapang tidak cukup untuk membiayai pembangunan dan pemeliharaan jalan seluruhnya. “Kita sedang mengusulkan melalui Gubernur, perubahan beberapa poros jalan provinsi menjadi jalan strategis nasional, termasuk poros jalan Air Upas, Manis Mata, Jambi, terus ke Sukamara, Kalteng,” ungkap Bupati.  

Strategi selanjutnya disebutkan Bupati, adalah melakukan pemberdayaan program CSR dari pihak perusahaan, baik bidang sosial kemasyarakatan, ekonomi kerakyatan, maupun infratruktur pembangunan seperti jalan dan jembatan. Untuk saat ini, Bupati telah menginstruksikan pihak perusahaan, agar melakukan pemeliharaan terhadap ruas jalan yang rusak, seperti poros jalan Pelang – Batu Tajam – Pengatapan – Pemahan.

Sedangkan ke depannya Bupati berjanji akan membentuk forum CSR terhadap para pengusahan pertambangan, perkebunan, kehutanan, dan lainnya. Harapan dia agar pelaksanaan program CSR bisa tepat guna dan tepat sasaran, yang sangat dibutuhkan masyarakat. (afi/ser)

Berita Terkait