Laksanakan IHT Pendampingan K-13

Laksanakan IHT Pendampingan K-13

  Sabtu, 22 Oktober 2016 09:03

Berita Terkait

MEMPAWAH- Dalam usahanya melakukan penataan implementasi kurikulum 2013, SMAN 1 Toho melaksanakan In House Training (IHT) Pendampingan K-13. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari sejak tanggal 17-21 Oktober 2016 itu diikuti oleh 26 guru. Kegiatan dipusatkan di SMAN 1 Toho.

Ketua Panitia IHT, Ajerin Karim, S.Pd menerangkan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya meliputi penyempurnaan konsep dan tahapan implementasi K-13 di satuan pendidikan. Termasuk pula upaya peningkatan kesinambungan pemahaman dan pelaksanaan K-13 bagi guru di SMAN 1 Toho.

 “Para peserta merupakan guru yang belum pernah mendapakan pelatihan terkait revisi K-13. Makanya, para peserta sangat antusisas mengikuti kegiatan IHT Pendampingan K-13 ini. Sebab, akan sangat membantu mempersiapkan guru untuk melaksankan proses pembelajaran K-13 yang telah diamanatkan oleh Depdiknas,” tutur Ajerin, Jumat (21/10) siang.

Ajerin pun mengungkapkan, kegiatan IHT Pendampingan K-13 yang dilaksanakan pihaknya memiliki sejumlah tujuan.. Pertama, meningkatkan keterampilan teknis dalam melaksanakan kurikulum 2013. Kedua, memperluas sasaran dan meningkatkan pemahaman substansi K13 untuk warga sekolah.

 “Kemudian, menggerakkan ekosistem sekolah dalam upaya pelaksanaan K13. Serta, bertujuan untuk memantapkan setiap guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian di sekolah secara efektif dan efisien,” paparnya.

Karenanya, dia berharap melalui IHT Pendampingan tersebut para peserta semakin memahami pelaksanaan K-13. Sehingga, para guru mampu merealisasikan K-13 dengan baik sebagaimana yang dihendaki pemerintah melalui Depdiknas.

 “Pemateri atau narasumber dalam kegiatan IHT ini sebanyak 13 orang. Mereka merupakan guru SMAN 1 Toho yang telah mendapat pelatihan K-13 di SMAN 1 Mempawah, beberapa waktu sebelumnya. Jadi, mereka-mereka inilah yang menularkan ilmu yang telah didapat kepada rekan-rekan lainnya,” ucap Ajerin.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Toho, Agus Subagio, S.T, S.Pd menilai pelaksanaan kegiatan IHT pendampingan sangat penting dan strategis dalam rangka pelaksanaan K-13. Sebab, melalui kegiatan itu para peserta mendapatkan ilmu dan masukan berkenaan dengan revisi K-13 yang telah dilakukan pemerintah.

 “Walau dulu K-13 memang pernah dilaksanakan, namun sekarang ada revisi-revisi yang harus diketahui oleh para guru. Maka kegiatan IHT ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada peserta terhadap revisi dan pelaksanaan K-13,” pendapatnya.

Agus pun mengaku optimis para pendidik di sekolah yang dipimpinnya mampu melaksanakan K-13 dengan baik. Sehingga, tujuan yang ingin dicapai dunia pendidikan melalui K-13 tersebut dapat diaplikasikan dengan diimplementasikan untuk peningkatan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimasa mendatang.

 “Kami yakin dengan kualitas pendidik yang ada, SMAN 1 Toho mampu melaksanakan K-13 dengan optimal. Karenanya, seluruh guru di SMAN 1 Toho ini telah kita berikan pemahaman yang seimbang untuk mengaplikasikan dan mengimplementasikan K13 dalam melaksanakan pembelajaran dan penilian di sekolah,” tukasnya.

Kegiatan IHT Pedampingan K-13 yang dilaksanakan SMAN 1 Toho tersebut dibuka oleh Kabid SMA Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Mempawah, Joko Ichwanto, M.Pd, dan dihadiri pengawas pembina satuan Drs. P. Simare Mare, M.Pd.(wah) 

Berita Terkait