Laki-laki dan Perempuan, Bersatu Bangun Sambas

Laki-laki dan Perempuan, Bersatu Bangun Sambas

  Jumat, 22 April 2016 09:15
KARTINI: Peringatan hari Kartini di Balairung Sari Pendopo Bupati Sambas, Kamis (21/4) kemarin.OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SAMBAS- Wakil Bupati Sambas, Dr Pabali Musa MAG mengatakan perimbangan jumlah penduduk antara laki-laki dan perempuan yang tidak jauh berbeda. Memberikan potensi besar bagi keturutsertaan kaum perempuan membangun Kabupaten Sambas.

“Jika pembangunan di Sambas dikayuh berdua antara kaum laki-laki dan perempuan. Insya Allah akan lebih baik lagi. Terlebih dari sisi jumlah penduduk yang tak jauh berbeda, harus dimanfaatkan kaum hawa sebaik mungkin. Tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan,” kata Dr Pabali Musa MAG, saat peringatan Hari Kartini ke-137 Tahun 2016 mengangkat Tema Dengan Semangat Hari Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Sumberdaya Kaum Perempuan dalam Mewujudkan Pembangunan, di Balairung Sari Pendopo Bupati Sambas, Kamis (21/4).

Menurutnya, kaum perempuan Kabupaten Sambas sudah menunjukkan eksistensinya dalam membangun Bumi Terpikat Terigas. Banyak juga kaum hawa di kabupaten ini, telah banyak menduduki jabatan penting dalam lingkup Pemerintahan maupun beberapa organisasi lainnya.

“Diantaranya pada pemilihan kepala daerah, di Kabupaten ini sering diramaikan calon dari kaum perempuan, ini membuktikan bahwa eksistensi kaum perempuan telah terbukti,” katanya. Bahkan, sekarang ini kaum hawa telah banyak yang menjadi tokoh penting seperti dipemerintahan maupun posisi penting lainnya.

Dalam peringatan Hari Kartini. Wabup mengajak kepada kaum perempuan untuk meneladani kisah perjuangan Kartini dan kaum pejuang perempuan Indonesia lainnya. “Apa yang dilakukan Kartini dan pejuang perempuan pada saat kemerdekaan, harus bisa menginspirasi Perempuan Kabupaten Sambas.

Ketua Persatuan Istri Legislatif Daerah Kab Sambas, Ny Hj Farida Arifidiar SKM mengatakan berkat jasa Kartini dan para pejuang perempuan lainnya. Kaum Hawa di Indonesia saat ini telah menikmati persamaan hak dan kesetaraan dengan kaum pria. Namun, perjuangan belum berakhir terutama di era globalisasi.

Ketua Panitia Penyelenggara Hari Kartini Kabupaten Sambas ke 137, Ir Ana Boni menyatakan ada beberapa rangkaian kegiatan acara yang didukung penuh Pemda Sambas dan GOW kabupapaten Sambas dalam rangka peringatan Hari Kartini. Yakni jelas dia lomba busana Kreasi Songket Khas Sambas yang dibagi menjadi tiga kategori.

“Kategori pertama untuk remaja, kategori kedua untuk dewasa, dan kategori ketiga untuk Ibu-ibu,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, lanjutnya, sebagai upaya menghidupkan kreasi songket tenun Sambas, dan memberikan semangat bagi kaum remajaputri untuk terus berbuat, berkreasi dan berinovasi bagi kemajuan dan pembangunan perempuan dan Kabupaten Sambas.

Diungkapkan dia, Juara Kategori Remaja, Juara Pertama Nabila A Wakil dari IBI, Juara Kedua, Nurfitri Wakil Perhimpunan Perempuan Dayak, Juara III Dewi Sartika Wakil dari DWP, Harapan I Poetri L dari Desa Dalam Kaum Sambas, Harapan II Danti Atikah dari Selakau dan Harapan III Utin VR dari Wakil Kec Sambas. Kategori Dewasa Juara Pertama Asma Rita Wakil IIK Bank Mandiri, Juara Kedua Febriolla Safitri Wakil Dari

PILDA, Juara III dari Nur Amrah Wakil dari Selakau, Juara Harapan I Henti Erviani Wakil Desa Semangau, Juara Harapan II Ayu Anggita Puspasari Wakil Adiyaksa, Juara Harapan III Desi Safitri Wakil Kec Semparuk. Kategori Ibu-ibu Juara Pertama Rianilta R Wakil Kec Sambas, Juara II Hasti Nur Utama Wakil GOPTKI, Juara III Medita dari PILDA, Juara Harapan I Vera Susilawati Wakil Kec Selakau, Juara Harapan II Elvana W Wakil dari Bank Kalbar, dan Juara Harapan III Erna Sitepu dari GKKB Sambas.(fah)

Berita Terkait