Lagi, Pemkab Bangun Rumah Madu Rp1 M

Lagi, Pemkab Bangun Rumah Madu Rp1 M

  Kamis, 7 December 2017 10:00
RUMAH MADU: Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero saat meresmikan rumah madu di Kecamatan Selimbau.MUSTA'AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu telah membangun tempat sentral pengolahan madu, di mana kali ini pembagunannya ada di jalan Lintas Utara, tepatnya di Desa Pala Pulau. Pembangunan yang akan menghabiskan dana sebesar Rp1 miliar lebih ini, nantinya akan dikelola oleh BUMD. Pemkab setempat hanya menyiapkan tempat sentral saja, baik alat teknologi mengolah madu maupun bangunan.

“Saat ini pembangunannya masih berlangsung dan sudah mencapai 90 persen,” kata Harun Ismai, kepala Bidang Perindustrian, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, dan Transmigrasi Kapuas Hulu, Rabu (6/12). Harun mengatakan, terkait biaya membangunan sentral madu, Pemda Kapuas Hulu juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Perindustrian. Bantuan yang dimaksud dia berupa alat teknologi khusus mengelola madu senilai Rp3 miliar lebih. Pemda Kapuas Hulu, menurut dia, hanya mengeluarkan dana untuk membangun tempat sentral pengolahan madu sebesar Rp1 miliar lebih.

"Jadi, dalam pengolahan kami menunjukan BUMD sebagai pusat pengolahan. Dengan bertujuan supaya madu asal Kabupaten Kapuas Hulu berstandar nasional atau SNI. Maka diharapkan semua pihak harus mendukung kemajuan sentral pengolahan madu ini, supaya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kapuas Hulu," ujarnya.

Dalam pengolahan madu nantinya, Harun berharap, perjam bisa memproses sebanyak 350 kilogram. Setelah itu, dia menambahkan, hasil madu yang sudah diolah akan dikemas dalam botol packing. "Untuk bagaimana pemasarannya, itu urusan dari BUMD yang mengurus sentral madu Kapuas Hulu tersebut, karena kami hanya menyediakan tempat dan alat tenkologi," pungkasnya.

Sebelumnya di Kapuas Hulu sudah banyak dibangun tempat pengolahan madu oleh para NGO, di mana baru-baru ini dari NGO juga sudah mendirikan tempat sentral pengolahan madu di Kecamatan Selimbau. (aan)

Berita Terkait