Labilnya Si Mood Swinger

Labilnya Si Mood Swinger

  Sabtu, 19 December 2015 07:14

AWALNYA ketawa-ketawa, eh tiba-tiba udah ngambek. Anak ini kenapa coba? Hmm, udah diduga pasti doi terdiagnosis mengalami mood swing. Waduh! terombang-ambing banget ya kondisi mood seperti ini. Well, faktor mood swing setiap orang tuh emang beda-beda. Makanya, komunikasi itu penting loh. Nah, sebagai pacar atau teman yang baik bagi mood swinger, daripada ikut naik darah saat kena imbasnya, yuk kenali golongan darah mereka biar kamu tahu cara menghadapinya!

GOLONGAN DARAH A

Para golongan darah A termasuk tipe orang yang nggak gampang emosi, tapi pengamat yang baik. Namun, karena jarang bisa marah, sekalinya mereka marah atau kena mood swing, emosinya nggak beraturan deh. Mulai ceplas-ceplos hingga nggak peduli dengan siapa dia ngomong, they’ll turn into monster. Rawr!

 

Cara berkomunikasi:

Teman: Mereka bakal sensitive banget nih sama arti setiap kata yang didengar. Makanya, kamu juga jangan mudah tersinggung. Waktu kamu ngobrol sama dia, utarakan dengan lengkap, sebab mereka nggak suka sama hal-hal yang setengah-setengah.

Pacar: Jangan suka meremehkan dia waktu moodnya lagi nge-swing loh. Sebab, dia termasuk tipe yang suka memendam perasaan buat menghindari perdebatan. Cari topik dengan kata-kata halus deh dan tanya pendapatnya. Puji seperlunya!

 

GOLONGAN DARAH B

Kebalikan dari golongan darah A, golongan darah B justru lebih ekspresif dan berani bertindak serta langsung mengutarakan apa pun yang ada di pikirannya. Namun, dia emang cenderung punya “aturan” sendiri, guys. Makanya, waktu mood-nya tiba-tiba berubah, dia cenderung seenaknya sendiri serta menjadi sosok yang dingin dan misterius.

Cara berkomunikasi:

Teman: Kalau berada dalam satu kelompok dengan mood swinger ini, kamu harus berpikir positif. Sebab, meski terlihat dingin, dia welcome kok sama penjelasanmu. Pastikan kamu bicara dengan otaknya ya, jangan cuma ke hatinya. Dia lebih suka berpikir pakai logika.

Pacar: Kata siapa cewek suka nggak pakai logika? Hati-hati loh sama pacar mood swinger bergolongan darah B. Sebagai pacar, kamu jangan sampai kalah pintar ya. Sebab, dia akan cenderung lebih egois dan kreatif dengan pendapatnya. Be rational!

 

GOLONGAN DARAH O

Expressive but not defensive. Meski mood-nya lagi buruk, mood swinger tipe ini nggak bakal “menyerang” kamu kok. Tapi, mereka akan selalu jujur waktu kamu menanyakan pendapat. Hampir seperti mood swinger golongan darah B sih. Hanya, tipe ini cenderung lebih labil karena gampang banget terpengaruh pendapat orang di sekitarnya.

Cara berkomunikasi:

Teman: Nggak takut deh buat mengemukakan pendapatmu waktu mood-nya lagi nggak stabil. Sebab, dia bakal terus terang dan positif menghadapi orang lain. Jangan coba-coba berbohong ya. Dia tuh termasuk tipe orang yang bakal mengingat kebohonganmu.

Pacar: Jangan bosan buat ngasih dia semangat dan energy positif lewat kata-kata motivasi. Kamu bisa juga mengajak dia ngelakuin kegiatan yang seru. Sebab, dia tuh talkative banget dah. Tenang, mood tipe ini gampang banget berubah lagi jadi baik kok.

 

GOLONGAN DARAH AB

Hati-hati sama mood swinger golongan darah ini! Dia bisa berubah menjadi dua pribadi yang berbeda dalam waktu yang bersamaan loh. Nggak jarang, dia bakal lebih egois dan individual daripada golongan darah lain. Kadang mereka humble, tapi bisa juga sensitif. Beware aja deh sama master mood swinger ini.

Cara berkomunikasi:

Teman: Kalau salah ngomong, bisa jadi kamu malah ikutan nggak mood dan berantem sama dia. Waktu mood temanmu itu berubah tiba-tiba, pastikan kamu ikuti alurnya ya. Dengarkan ceritanya dengan saksama biar mood-nya nggak mudah berubah-ubah lagi.

Pacar: Sebagai pacar yang baik, seharusnya kamu lebih memahami dia yang mood-nya gampang berubah dong. Tapi, kalau kamu ngikutin dia terus, nanti hubungan kalian bisa ikutan moody! Demi kebaikan dia, kamu justru harus lebih tegas dan mengarahkan.