Laba Kinclong Usaha Salon Mobil

Laba Kinclong Usaha Salon Mobil

  Jumat, 29 January 2016 08:24
Foto Haryadi/Pontianak Post

Pertumbuhan kepemilikan kendaraan roda empat di Pontianak turut serta membuat usaha perawatan mobil menjamur. Para pemilik mobil ingin kendaraannya tetap kinclong. Tak hanya pencucian mobil biasa, kini berkembang salon mobil. Jasa pencucian dan perawatan yang lebih kompleks. Oleh : Aristono

Salon mobil mungkin adalah istilah yang tidak umum bagi banyak orang. Sesuai namanya, salon mobil punya fungsi yang sama seperti layaknya salon untuk manusia. Tujuannya adalah untuk membersihkan dan mempercantik mobil sehingga kendaraan enak dipandang dan dikendarai. Salon mobil memberikan perlakuan khusus untuk kendaraan roda empat, yang lebih lengkap ketimbang tempat cuci mobil kebanyakan.

Prinsip salon mobil adalah membersihkan kotoran yang melekat pada seluruh bagian mobil yang terlihat dan terjangkau, sehingga memberikan perubahan penampilan menjadi lebih menarik, enak dilihat dan nyaman dikendarai. Tentunya harus dilaksanakan dengan menggunakan bahan yang tepat dan teknik yang benar pula. Kenapa harus ke salon mobil?  Apakah mencuci mobil tidak cukup? Salah seorang pemilik salon mobil di Jalan Abdurrahman Saleh, Yudi A mengatakan mobil ibarat tubuh manusia. Mencuci mobil hanya membersihkan kotoran kasat mata, bahkan kalau terjadi kesalahan penggunaan bahan dan teknik mencuci, cat mobil akan terlihat buram, kusam dan tak bercahaya karena sering dicuci. Shampo atau sabun yang digunakan untuk mencuci tidak dapat menghilangkan jamur pada body mobil, noda akibat hujan asam dan kotoran lain yang menyebabkan  buramnya warna cat.

Selain itu, kata dia, salon mobil juga tidak sekadar mencuci bodi atau penampilan luar semata. Jasa salon mobil juga membersihkan bagian-bagian detil pada mobil, seperti kaca, perangkat di interior, jok, hingga ke bagian dalam mesin. “Jadi salon mobil itu lebih lengkap, tidak hanya di dalam saja. Memang harganya lebih mahal dari jasa cuci biasa,” ujarnya kepada Pontianak Post.

Oleh sebab itu, kata dia, menyervis kendaraan di salon mobil memerlukan waktu yang lebih panjang dan biaya yang lebih tinggi. Betapa tidak, alat dan sabun atau shampo yang dipakai berkualitas tinggi agar kualitas hasil akhir memuaskan. Selain itu pekerja  memiliki pengetahuan dan keahlian khusus tentang otomotif. Bukan sekedar bisa mengerjakan, tetapi juga seorang pekerja salon mobil dituntut  menguasai prinsip kerja bahan perawatan. Mereka juga harus bisa melakukan deteksi dini terhadap kendala yang ada pada bagian-bagian mobil sehingga penanganannya tepat sasaran.

Permintaan terhadap jasa salon mobil kian hari kian banyak di Pontianak. Sebagian tempat yang pencucian mobil di kota ini melakukan penambahan jasa salon mobil juga.  Beberapa salon mobil yang cukup terkenal di Pontianak adalah Asia Jaya (Jalan Adisucipto), F1 Car Wash (Abdurrahman Saleh), GM (Jalan Gajah Mada), dan lain-lain. Namun kini juga berkembang jasa salon mobil panggilan. Mereka juga melakukan jemput bola untuk mencari pelanggan. Tidak hanya tempat salon mobil yang menyediakan jasa ini, tetapi juga personal.

 

Macet, sibuk, atau tak ingin melewatkan waktu berkumpul bersama keluarga membuat sebagian pemilik mobil menyenangi jasa salon mobil panggilan. Apalagi perawatan komplit salon mobil membutuhkan waktu hampir seharian.

Arifsyah, adalah salah seorang yang menerima jasa panggilan salon mobil. Dia adalah salah seorang mantan karyawan salon mobil di Pontianak. “Ini hanya pekerjaan sambilan saja. Kebetulan saya bisa mekanik mobil karena ada pengalaman. Untuk shampo dan polish saya punya, tapi konsumen juga bisa beli sendiri. Jadi saya hanya bersihkan saja. Lumayanlah untuk tambahan. Biasanya saya bawa satu atau dua teman. Konsumen saya masih sedikit, karena memang tidak fokus,” ungkap warga Jalan Ya Sabran, Tanjung Hulu, Pontianak ini. (**)