Kunker Terakhir, Pj Bupati ke Desa Serengkah. Lakukan Misa Bersama, Berikan Bantuan Greja

Kunker Terakhir, Pj Bupati ke Desa Serengkah. Lakukan Misa Bersama, Berikan Bantuan Greja

  Senin, 15 February 2016 08:24
KUNJUNGAN KE SERENGKAH: Penjabat Bupati Ketapang Kartius beserta jajaran SKPD berfoto bersama dengan Pastor Benjamin dan umat di kompleks Pastoran Tanah Seribu Desa Serengkah, Kecamatan Tumbang Titi, Sabtu (13/2) lalu. ISTIMEWA

Berita Terkait

TUMBANG TITI – Penjabat (Pj) Bupati Ketapang Kartius mengunjungi warga Desa Serengkah, Kecamatan Tumbang Titi, Sabtu (13/2) lalu. Dalam kunjungan tersebut Kartius melakukan misa khusus bersama Pastor Benjamin dan warga Desa Serengkah di Gereja Katolik Paroki Santo Yosep Serengkah.

Kunjungan kerja yang dilakukan Pj Bupati bersama jajaran SKPD tersebut merupakan kunjungan terakhir dia. Hampir selama 6 bulan menjabat sebagai Pj Bupati, Kartius akan mengakhiri masa tugasnya pada 17 Februari mendatang.

Milin (68 tahun), warga Desa Serengkah, dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi terhadap kinerja Pj Bupati, meski hanya 6 bulan di Kabupaten Ketapang. "Masyarakat Serengkah berbangga, meskipun bertugas hanya sebagai Penjabat Bupati, tetapi sempat mengunjungi umat yang jauh di ujung Sungai Pesaguan ini," ujar Milin .

Ia berharap kepada Kartius, meski tidak menjabat lagi, masih mau menyempatkan diri untuk berkunjung kembali ke Serengkah "Mudah-mudahan Beliau nanti sempat berkunjung kembali di serengkah ini," harap Milin.

Milin mengungkapkan, meskipun kondisi perekonomian masyarakat Serengkah saat ini melesu lantaran turunnya harga karet, namun dia tetap berbangga dengan kondisi transportasi Ketapang – Tumbang Titi yang mulai lancar. Warga desa tersebut, menurut dia, bisa membeli ikan, ayam, serta sayur-sayuran segar. Bahkan mereka juga bisa menjual hasil hutan dan kebun berupa buah-buhan ke Kota Ketapang.

Sementara itu Pj Bupati Kartius mengungkapkan berbagai hal, lantaran di akhir masa jabatannya, masih menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan kerja. "Istimewa hari ini ada misa khusus oleh Pastor Benjamn kepada kita dari Ketapang dan umat yang ada di sini," kata dia.

Kartius mengucapkan terima kasih dan menaruh pernghargaan yang tinggi dan luar biasa kepada segenap lapisan masyarakat Kabupaten Ketapang. Terlebih, dia mengungkapkan jika tugas yang diemban dia sebagai Pj Bupati telah berjalan sukses. "Tugas saya penyelenggaraan pemerintahan dan Pilkada damai, dua-duanya berjalan mulus dan tidak ada hambatan," ungkap dia.

Kabupaten Ketapang yang memiliki luas sekitar 20 persen dari luas Provinsi Kalbar dengan jangkauan wilayah jauh, diakui Kartius, memerlukan infrastruktur yang memadai. "Perlu penanganan khusus untuk pembangunan di bidang infrastruktur jalan," kata dia.

Selain itu tak kalah penting, diakui dia, masyarakat perlu berkontribusi dan berperan dalam pelaksanaan pembangunan. Terhadap para pengusaha yang berinvestasi di kabupaten, Kartius mengingatkan perlunya pasrtisipasi mereka dalam membantu pemerintah. "Jangan hanya mengeruk kekayaan yang ada di bumi Ketapang, tetapi mau berbagi kasih terhadap masyarakat dan pemerintah," kata Kartius mengingatkan.

Dia juga mengingatkan agar tetap menjaga kondusifitas dan harmonisasi yang selama ini baik, dengan selektif terhadap orang-orang yang datang dari luar Kalbar. "Daerah ini surga dunia karena apapun bisa ditanam dan tumbuh dan bisa menghasilkan," kata dia.

Terhadap Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Martin Rantan dan Suprapto, Kartius yakin sudah punya program yang diagendakannya, seperti pembenahan infrastruktur, pengadaan air bersih, listrik, komunikasi, pertanian, pendidikan, dan kesehatan. "Daerah akan cepat maju bila infrastruktur jalan dan telekomunikasi lancar itu yang prioritas," ucap dia.

Dalam kunjungan terakhir Pj Bupati Kartius selain melakukan misa bersama bersama umat, juga memberikan bantuan untuk pembangunan Greja Santo Yosef Serengkah melalui dana APBD tahun 2016. (afi/ser)

 

Berita Terkait