Kubu Raya, Ketapang dan Sambas Bersaing

Kubu Raya, Ketapang dan Sambas Bersaing

  Jumat, 14 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

Lomba Hadrah, Jepin dan Gasing Bakal Pukau Penonton

TIGA jenis lomba ini menjadi andalan dalam Festival Seni dan Budaya Melayu (FSBM) XI di Kota Singkawang masing-masing; tari jepin, permainan gasing dan hadrah.

Tiga tangkai yang dipertandingan bakal mampu menyihir para penikmat dan penonton seni tradisional khas melayu ini, oleh sebab itu setiap utusan kabupaten/kota mempersiapkan para peserta lomba sebaik mungkin.

 “Seperti Tangkai Tari Jepin, kita inginkan setiap utusan kabupaten/kota menampilkan warna tersendiri masing-masing utusan, dengan banyak warna khas daerahnya itu akan indah,” ungkap koordinator Lomba Tangkai, Lomba Gasing, Jepin Melayu dan Hadrah FSBM XI Kota Singkawang, Johari Pion kepada koran ini Kamis (12/10) kemarin.

Untuk Tari Jepin, kata dia, akan dipusatkan di gedung PIP (kompleks Mess daerah. Dimana setiap utusan akan mengikutkan minal 6 orang, maksimal 8 orang penari, selebihnya adalah pemain musiknya.

“Jadi peserta lomba ini satu utusan bisa 15 orang,” katanya.

Sedangkan untuk lomba Pangkak dan Uri Gasing dipusatkan di Lapangan tanah Mess daerah. Johari menampahkan pertandingan ini salah satu yang paling ditunggu, pasalnya Gasing merupakan olahraga tradiosional yang digemari di daerah-daerah Kalbar. Dalam FSBM ini, tambah dia, satu utusan mengirim sekitar 4 orang, dimana untuk lomba pangkak gasing 3 orang dan Uri Gasing 1 orang.

“Biasanya yang jago-jago ini dan bersaing ketat tim dari kabupaten Kubu Raya, Ketapang dan Sambas, tapi kita lihat saja tahun ini karena semua bisa berubah,” katanya

Selain itu ada juga pertandinganHadrah, jenis kesenian masyarakatMelayu khususnya masyarakat Muslim yang ada di kab/kota. Dimana masing-masing utusan kabupaten/kota mengikutkan 1 tim terdiri 15 orang.

“Sementara dua kabupaten yang belum memastikan ikut Hadrah ini yakni Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Landak,” sebutnya.

Ia juga mengatakan semua Tim juri alias penilai masing-masing tangkai pertandingan berasal dari Pontianak. Ia mengatakan panitia daerah di Kota Singkawang mengharapkan panitia provinsi khususnya juri menghadiri teknikal meeting karena menyangkut keberhasilan Tangkai lomba.

“Karena biasanya dalam teknikal meeting ini terdapat banyak pertanyaan khususnya dari peserta sehingga peserta lebih memahami aturan perlombaan. Pada prinsipnya panitia daerah sudah siap terkait persiapan FSBM XI,” katanya. (*)

Berita Terkait