Kualitas KPMD Harus Baik

Kualitas KPMD Harus Baik

  Rabu, 30 March 2016 09:47
KALUNG: Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengalungkan tanda peserta kegiatan pada Senin (28/3) kemarin. SUGENG/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SANGGAU-Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa atau KPMD harus memiliki kualitas yang lebih baik. Karenanya harus tetap diberikan pelatihan oleh pemerintah daerah. Demikian disampaikan Kabid Pemberdayaan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Hubertus Leydin.

“Kader pemberdayaan masyarakat desa juga harus tetap mendapatkan peningkatan kualitas. Paling tidak dari segi pengetahuan dan keterampilan. Jadi tugas dan fungsinya dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Guna mendukung peningkatan itu, sebanyak 45 orang kader dari seluruh kecamatan di Kabupaten Sanggau dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (28/3) kemarin dengan menghadirkan para pendamping dan tenaga ahli Kabupaten Sanggau.

Pelatihan tersebut bertujuan mememahami manajemen partisipatif. Selain itu, terkait dengan pemberdayaan masyarakat melalui kebijakan pemerintah pusat dan daerah. Kader juga diharapkan dapat terampil dalam tata cara berkomunikasi, memfasilitasi dan mengadvokasi.

Bupati  Sanggau, Paolus Hadi mengatakan bahwa  para kader merupakan orang yang dipercaya untuk melakukan pemberdayaan masyarakat. Kemudian memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat mengenai program program pemerintah di desa dan sebagainya.

“Paling tidak melalui kegiatan ini bisa memahami peraturan Pemerintah, Undang Undang  dan segala bentuk administrasi yang berkaitan erat dengan pembangunan  dan pemerintahan masyarakat desa,” harapnya. (sgg)

Berita Terkait