KPU Musnahkan 6.583 Surat Suara

KPU Musnahkan 6.583 Surat Suara

  Senin, 7 December 2015 09:29
PEMUSNAHAN SUSU: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas, dengan disaksikan pihak Polres Sambas dan Panwaslu Kabupaten Sambas, memusnahkan surat suara, kemarin (6/12). HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

 
SAMBAS – Komisi Pemilihan Umum daerah (KPU) Kabupaten Sambas melakukan pemusnahan  sebanyak 6.583 lembar surat suara. Pemusnahan tersebut dilakukan di halaman Kantor KPU Kabupaten Sambas, dengan disaksikan perwakilan Kepolisian Resor (Polres) Sambas dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sambas.

Ketua KPU Kabupaten Sambas, Suaib, menjelaskan pemusnahan tersebut berdasarkan pada jumlah surat suara rusak dan surat suara yang melebihi jumlah kebutuhan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas tahun 2015."Sebanyak 6.583 lembar surat suara yang kita musnahkan dengan disaksikan dari Polres Sambas dan Panwaslu Kabupaten Sambas," ungkap Ketua KPU usai pelaksanaan pemusnahan surat suara di KPU Kabupaten Sambas, Minggu (6/12) pagi.

Adapun rincian surat suara yang dimusnahkan mereka adalah surat suara  yang terpotong, sehingga tidak sesuai ukuran atau spec sebanyak 2.026 lembar. Kemudian surat suara rusak karena noda berwarna kuning, hitam, dan pink pada foto pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas tahun 2015 berjumlah 74 lembar, dan surat suara rusak karena rusak berjumlah 224 lembar, sehingga total surat suara rusak 2.324 lembar.

"Untuk  sisa surat sebelumnya  4.259 ditambahkan surat suara rusak 2.324, maka totalnya 6.583 lembar," katanya.Usai pemusnahan dengan cara dibakar tersebut, seluruh pihak yang hadir melakukan tanda tangan berita acara pemusnahan yang dilakukan para saksi. (har)

 

Berita Terkait