KPK Lelang Aset Koruptor, Mulai dari Mobil hingga Koper

KPK Lelang Aset Koruptor, Mulai dari Mobil hingga Koper

  Rabu, 20 September 2017 10:00
LELANG MOBIL: Calon peserta lelang mengamati mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Gedung KPK lama, Jakarta, Selasa (19/9). KPK akan melakukan lelang 19 mobil sitaan milik terpidana korupsi di Jakarta Convention Center pada Jumat (22/9). Imam Husein/Jawa Pos

Berita Terkait

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali membuka lelang eksekusi barang rampasan kasus rasuah. Mayoritas aset yang dilelang berupa kendaraan. Bahkan, sebagian masuk golongan mobil mewah senilai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Beberapa mobil itu kemarin diperlihatkan kepada peserta lelang di sejumlah lokasi. Salah satunya di gedung KPK lama di Jalan Rasuna Said.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, lelang itu diumumkan melalui website resmi komisi antirasuah tersebut. Total ada 22 aset yang masuk daftar lelang. Rencananya, lelang dilaksanakan pada Jumat (22/9) di Ruang Cenderawasih JCC Senayan, Jakarta. ”Pelunasan harga lelang lima hari kerja setelah pelaksanaan lelang,” ujarnya kemarin (19/9). 

Di antara barang yang akan dilelang, tercatat beberapa kendaraan dirampas dari mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Djoko Susilo. Di antaranya, Toyota Rush 1.5 S AT atas nama Seto Aji Ismoyo, Nissan Serena Highway Star AT atas nama Siti Maropah, Jeep Wrangler 4.0L AT atas nama Bambang Ryan Setiadi, dan Toyota Harrier 2.4 AT atas nama M. Zaenal Abidin. 

Seperti diwartakan, Djoko Susilo merupakan terpidana kasus korupsi proyek simulator surat izin mengemudi (SIM). Sebanyak 48 aset jenderal bintang dua itu dirampas negara lantaran terbukti dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang divonis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta pada 2013. Hakim memvonis Djoko terbukti membeli aset dari hasil korupsi dan diatasnamakan orang lain. 

Selain aset Djoko, KPK melelang sejumlah aset atas nama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi, rekanan proyek simulator SIM. Aset itu berupa mobil Toyota Innova V Diesel AT 2012 warna abu-abu metalik atas nama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi. ”Lelang akan dilakukan dengan perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III,” terang Febri.

Selain mobil, KPK akan melelang sejumlah barang lain. Di antaranya, handphone merek Samsung model GT-193000, Samsung model GT-E1205T, Apple iPhone 5 model MD 299ID/A, dan telepon genggam BlackBerry. Tidak hanya itu, komisi antirasuah tersebut juga melelang satu koper merek Rimowa model Salsa Multiwheel dan Del Hybrid serta tas Chanel. 

Beberapa aset yang dilelang juga dirampas dari koruptor lain. Di antaranya, mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin dan eks Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta M. Sanusi. Febri menjelaskan, sebelum proses lelang, KPK lebih dahulu mengumumkan nilai limit (floor price) atau harga terendah. Misalnya, Volkswagen Golf 1.4 bernilai limit Rp 131,6 juta, Volkswagen Beetle 1.2 memiliki nilai limit Rp 286,75 juta, Honda CR-V 2.4 dengan nilai limit Rp 76,6 juta, dan Honda Civic FD2 2.0 dengan nilai limit Rp 78 juta. ”Bea lelang pembeli 3 persen dari harga lelang,” imbuhnya. (tyo/c6/oki)

Berita Terkait