Konverter Kit Amin BenGas Digunakan Nelayan Selimbau

Konverter Kit Amin BenGas Digunakan Nelayan Selimbau

  Jumat, 18 December 2015 08:08
BENGAS: Konverter kit Amin BenGas digunakan oleh nelayan Selimbau, Kapuas Hulu. ANTON BENGAS FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Amin, nelayan Kubu Raya inovator konversi mesin berbahan bakar minyak ke gas menghibahkan 10 konverter kit buatannya kepada nelayan Aceh. Dia menyerahkan hibah tersebut pada puncak Hari Nusantara 2015 di Banda Aceh, 13 Desember lalu. PADA saat yang sama Amin menerima penghargaan “Inovator Teknologi Bidang Kelutan” atas karyanya tersebut. Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Riset dan Tekonologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Tidak tanggung-tanggung Amin menyingkirkan 25 nomine, bahkan juara dua dan tiga adalah BUMN PT PAL serta IPB.

Amin mengatakan hibah yang diberikan kepada nelayan Aceh agar inovasinya dirasakan oleh mereka yang senasib. Amin paham betul bagaimana kesulitan nelayan ketika uang yang dikeluarkan untuk operasional begitu tinggi lantaran harga BBM tinggi. “Kami ingin berbagi manfaat kepada sesama nelayan,” ucapnya, kemarin. Sebelumnya, konverter kit Amin BenGas digunakan oleh nelayan Manado, Sulawesi Utara. Bulan lalu Amin dan tim memasang dan melihat langsung 120 nelayan menikmati hematnya bahan bakar ketika menggunakan konverter kit BenGas.

Konverter kit Amin BenGas dapat menghemat 700 persen dana operasional nelayan. Satu tabung gas dengan konverter kit Amin BenGas setara dengan penggunaan 15 hingga 20 liter bensin. Selain hemat, menggunakan bahan bakar gas juga ramah lingkungan.
Di Kalbar, konverter kit Amin BenGas digunakan dibanyak daerah. Saat ini, tim Amin memasang produk inovasinya itu untuk nelayan di Selimbau, Kapuas Hulu. “Tim saya saat ini masih di Selimbau,” katanya.
Konverter kit Amin BenGas untuk nelayan Selimbau adalah bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar. Bantuan itu meliputi perahu 2 gross tonnage, mesin 14 horse power, konverter kit, dan tabung elpiji 3 kilogram dua buah untuk masing-masing perahu. “Semakin banyak nelayan yang menggunakan konverter kit ini kian banyak pula yang berhemat. Biaya operasional mereka terpangkas,” ucap Amin.

Di Kalbar, konverter kit Amin BenGas sudah digunakan untuk nelayan Kubu Raya, Pontianak, Mempawah, Kapuas Hulu, dan Bengkayang. Selain untuk mesin perahu nelayan, konverter kit Amin BenGas juga dapat digunakan untuk mesin pakan ikan, pompa air, genset, mesin pemarut kelapa, dan lainnya. “Intinya mesin dengan penggerak bahan bakar bensin bisa dialihkan ke gas dengan konverter kit ini,” jelasnya.(hen)

 

Berita Terkait