Kontrasepsi pasca persalinan

Kontrasepsi pasca persalinan

  Minggu, 21 February 2016 07:22

Berita Terkait

Tanya:

Dokter, saya seorang ibu hamil berusia 32 tahun, saat ini sedang hamil 7 bulan anak ketiga. Saya ingin mengatur kehamilan saya, namun sudah beberapa kali menggunakan alat kontrasepsi (suntik atau pil) selalu gagal, karena saya tidak cocok ber KB. Saya ingin bertanya, apakah ada KB yang bisa digunakan langsung setelah melahirkan? Mohon penjelasan dokter, terima kasih.

 

D, Pontianak

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaannya. Saat ini sudah dikembangkan metode kontrasepsi yang dapat digunakan setelah seorang ibu melahirkan, diantaranya IUD (intra uterine devise/spiral) dan MOW (kontrasepsi mantap/steril). Namun untuk MOW digunakan setelah seorang ibu punya cukup anak (minimal mempunyai 2 orang anak dengan umur di atas 5 tahun),  dan tidak ingin melahirkan lagi.

Untuk ibu Desi, saya anjurkan untuk menggunakan kontrasepsi jenis IUD, yang bisa langsung dipakai segera setelah melahirkan dan dikenal dengan istilah IUD post plasenta (pemasangan IUD  setelah plasenta /ari-ari lahir). Adapun penggunaannya sangat mudah, dipasang segera setelah plasenta atau ari-ari lahir. Untuk kontrol setelah pemasangan dilakukan  2 minggu  setelah melahirkan dan atau saat nifas.

Penggunaan kontrasepsi jenis IUD sangat menguntungkan seorang perempuan, karena dapat dipakai dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun, dan jika ingin melanjutkan, bisa diganti dengan IUD yang baru setelah masa pakai berakhir. IUD ini merupakan jenis kontrasepsi non hormonal, sehingga tidak akan berpengaruh pada metabolisme tubuh ibu, kekhawatiran pada banyak perempuan akan terjadinya masalah kulit atau peningkatan berat badan  akibat kontrasepsi dapat dihindari. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat, terima kasih. (*)                  

Berita Terkait