Kontingen MTQ Ditangani Pelatih Nasional

Kontingen MTQ Ditangani Pelatih Nasional

  Sabtu, 28 November 2015 08:36
KALIGRAFI: Bupati Mempawah, H Ria Norsan melihat karya kaligrafi dari peserta TC kontingen MTQ Kabupaten Mempawah. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Tekad mempertahankan gelar juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Kubu Raya (KKR), Mei 2016 nanti menjadi misi kontingen Kabupaten Mempawah.Mencapai target besar itu, Lembaga Pelatihan Tilawatil Quran (LPTQ) mendatangkan pelatih nasional.

“Alhamdulillah, kita bisa menghadirkan Ibu Hj Rahmawati sebagai salah satu pelatih. Beliau merupakan warga asli Mempawah yang telah berkiprah di tingkat nasional. Mudah-mudahan kehadiran beliau bisa menularkan ilmunya kepada para kontingen MTQ Kabupaten Mempawah,” harap Bupati, H Ria Norsan ketika menutup Training Center (TC) tahap pertama di Wisma Chandramidi, kemarin.

Norsan menyebut tekadnya untuk mempertahakan gelar juara umum MTQ tingkat Provinsi Kalbar yang didapat dua tahun silam di Kabupaten Bengkayang bukan perkara gampang. Sebab, mempertahankkan itu  jauh lebih sulit dibandingkan merebut kemenangan.

“Karenanya, saya minta agar pemusatan latihan ini tidak hanya dilakukan satu kali melainkan tiga kali. Yakni pada pertengahan sebelum keberangkatan dan sepuluh hari menjelang pelaksanaan MTQ di KKR. Dengan begitu, maka persiapan akan semakin matang dan maksimal,” tegas Norsan.

Bukan itu saja, timpal Bupati, dirinya menghendaki adanya program tambahan disamping pelatihan alquran yakni olahraga. Para kontingen secara disiplin harus rutin berolahraga guna menjaga kebugaran fisik dan stamina kafilah.“Kalau kondisi tidak fit, maka kafilah tidak akan maksimal dalam penampilannya. Nah, selain olahraga juga diperhatikan pola makanan dan istirahatnya. Kami ingin seluruh kontingen bisa tampil maksimal pada pelaksanaan MTQ mendatang,” tuturnya.

Terakhir, lanjut Bupati, pihaknya juga akan mendatangkan tenaga psikolog menjelang keberangkatan kontingen. Tujuannya, untuk bias memotivasi kontingen MTQ agar tidak grogi atau memiliki beban fikiran ketika berlomba.“Biasanya ada kafilah yang sudah baik ketika latihan namun buruk ketika tampil akibat demam panggung. Makanya, kita siapkan psikologi agar kafilah ini bisa tampil  maksimal dan tidak ada beban fikiran. Mudah-mudahan nanti ada kafilah Mempawah yang menjadi juara ditingkat nasional,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Mempawah, H. Ismail melaporkan pelaksanaan TC tahap satu berlangsung selama tujuh hari sejak tanggal 20-26 November. Peserta TC sebanyak 34 orang yang berasal dari sembilan kecamatan di Kabupaten Mempawah.“Alhamdulillah, kontingen Kabupaten Mempawah akan mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan pada MTQ ke-26 Provinsi Kalbar di KKR,” bebernya.

Ditempat yang sama, Koordinator Tim Pelatih TC Kabupaten Mempawah, KH Tusirana Rasyid menilai banyak perkembangan para kafilah selama mengikuti TC tahap pertama. Dia menyebut para peserta dilatih oleh tim dari Kabupaten Mempawah, Kalbar bahkan pelatih nasional.“Berkat bimbingan pelatih selama mengikuti TC ini, saya melihat banyak perkembangan yang signifikan. Mudah-mudahan kafilah Kabupaten Mempawah bisa mencapai prestasi terbaik nantinya,” singkatnya. (wah)

Berita Terkait