Kontestan Duta LH 2016 Pecahkan Rekor

Kontestan Duta LH 2016 Pecahkan Rekor

  Kamis, 28 April 2016 09:32
DUTLING: Para peserta Duta Lingkungan Hidup (Dutling) Mempawah melakukan audiensi di Kantor Bupati Mempawah. Diajak jadi agen-agen perubahan di masalah lingkungan.WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH– Sebanyak 26 peserta Duta Lingkungan Hidup (LH) tahun 2016 menggelar audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah, Rabu (27/4) di Kantor Bupati Mempawah. Kedatangan para kontestan Duta LH itu diterima Asisten Perekonomian dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail.

Audiensi itu sendiri menandai dimulainya rangkaian Pemilihan Duta LH Kabupaten Mempawah tahun 2016. Para kontestan akan mengikuti sejumlah kegiatan oleh panitia hingga nantinya akan ditentukan pada malam pemilihan Duta LH yang akan berlangsung pada Sabtu (30/4) di Mempawah.

Asisten Perekonomian dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail menyebut, persoalan lingkungan sudah menjadi masalah sosial secara nasional. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Mempawah berharap peran aktif para kontestas Duta LH untuk menjadi agen-agen perubahan yang membawa pesan pelestarian lingkungan di masyarakat.

 “Para kontestan merupakan generasi muda yang enerjik dan potensial. Sehingga harus memiliki semangat dan tekad penyelamatan lingkungan dari ancaman kerusakan,” seru Ismail.

Ismail pun berpesan agar para kontestan Duta LH 2016 pro aktif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dilingkungannya. Khususnya membawa pesan-pesan pelestarian lingkungan hidup agar tetap terjaga dan aman dari bahaya kerusakan.

 “Pemuda harus menjadi inovator perubahan. Punya peran untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Karena itu menang-kalah dalam pemilihan Duta LH 2016 bukan permasalahan. Yang penting sudah tampil dan berani mengambil peranan dalam mengkampanyekan pelestarian lingkungan hidup,” pendapatnya.

Lebih jauh, Ismail berharap kontestan Duta LH 2016 memiliki kreativitas yang tinggi dalam menjalankan fungsinya. Salah satunya dengan membuat konsep kerja yang khas. “Jangan pernah berhenti untuk  berkreasi dan berinovasi dalam lingkup hal yang positif,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Daerah (BLHPBD) Kabupaten Mempawah, Syahrizal menyebut banyaknya peserta pemilihan duta lingkungan tahun ini sebagai rekor. “Tidak pernah sebanyak ini di tahun-tahun sebelumnya,” ujar dia.

Ia berharap di tahun 2016 putra daerah Mempawah kembali berjaya di tingkat provinsi sebagaimana tahun 2015 lalu. Saat itu Yuve Kukuh Sesar berhasil menjadi yang terbaik di ajang Duta LH Tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Atas keberhasilan itu, Yuve berhak mewakili Kalimantan Barat di tingkat regional di Kalimantan Timur pada Juni mendatang.

 “Juri-juri nanti kita datangkan dari provinsi. Karena itu kompetisi bakal berlangsung ketat dan tentunya memberikan penilaian yang objektif. Yang penting berusahalah semaksimal mungkin dan bersaing secara sehat. Menang-kalah, yang terpenting sudah ikut serta dalam upaya menjaga lingkungan,” pendapatnya.(wah)

Berita Terkait