Konsumen Teliti Pilih Produk

Konsumen Teliti Pilih Produk

  Sabtu, 20 February 2016 11:13
DILANTIK: Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus melantik pengurus BPSK Kubu Raya//

Berita Terkait

KUBU RAYA – Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menilai memasuki era globalisasi dan perdagangan bebas yang didukung oleh kemajuan teknologi, telekomunikasi dan informatika secara tak langsung telah memperluas ruang gerak yang sangat bebas dalam setiap transaksi barang dan jasa yang dipasarkan terhadap konsumen. Baik dilakukan melalui promosi, iklan maupun penawaran barang-barang secara langsung, sehingga barang yang ditawarkan bervariasi dan bisa dengan mudah dikonsumsi.

“Sebagai konsumen yang cerdas, perlu kehati-hatian dalam memilih produk barang dan jasa. Jika konsumen tidak ingin menjadi objek eksploitasi dari pelaku usaha yang tidak bertanggungjawab,” kata Hermanus disela-sela pelantikan anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kubu Raya, Jumat (19/2).Hermanus  mengingatkan masyarakat Kubu Raya agar bisa lebih mantap mempersiapkan diri dalam menghadapi ketatnya persaingan di tahun 2016 ini merupakan dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan pasar tunggal ASEAN.

“Situasi perdagangan dalam negeri semakin dinamis dan kian bergejolak. MEA ini merupakan bentuk realisasi dari tujuan akhir integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara,” ucapnya.Wakil Bupati menambahkan, sebuah organisasi yang berlabel badan, penggerak organ-organ yang dimilikinya, sehingga dapat berfungsi optimal. “Badan penyelenggara sengketa konsumen akan sangat diperlukan, guna mengatasi berbagai kemungkinan sengketa yang muncul antara konsumen dan pelaku usaha dengan penyelesaian di luar pengadilan,” terangnya.

Perlindungan konsumen sangat penting, lanjut Hermanus, dimana pengusaha harus menghargai hak-hak dan kewajiban konsumen, memproduksi barang dan jasa yang berkualitas, aman untuk digunakan atau dikonsumsi serta mengikuti standar yang berlaku dengan harga yang sesuai.“Perlu disadari oleh konsumen, mereka mempunyai hak yang dilindungi undang-undang perlindungan konsumen, sehingga dapat melakukan kontrol sosial tehadap perbuatan dan prilaku pengusaha yang mencari keuntungan dan menghalalkan segala cara untuk memaksimalkan laba yang diperoleh tanpa memperhatikan keselamatan konsumen,” katanya.Kedepanya, lanjut Hermanus, konsumen yang merasa haknya dilanggar dapat mengadukan dan memproses perkaranya secara hukum di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kubu Raya. (ash)

Berita Terkait