Konsulat Bantu Pemadam

Konsulat Bantu Pemadam

  Jumat, 29 April 2016 09:03
BERI BANTUAN: Konsulat Malaysia, Mohaidin Gazali memberikan baju pemadam kebakaran kepada anggota pemadam kebakaran Panca Bhakti kemarin. SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Yayasan Pemadam Kebakaran Panca Bhakti Pontianak mendapatkan bantuan dari Konsulat Malaysia untuk Pontianak, Kamis(28/4). Bantuan tersebut berupa delapan set pakaian anti api pemadam kebakaran senilai Rp52 juta.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua Dewan Komisaris Yayasan Pemadam Kebakaran Panca Bhakti Pontianak, Abi Hasni Tahir, beserta pengurus dan anggota yayasan. Sementara Kepala BPBD Pontianak, Aswin Taufik juga hadir untuk mewakili pemkot Pontianak. Dalam acara tersebut, Abi Hasni juga sempat memperlihatkan mobil pemadam yang dimiliki yayasan beserta alat-alat yang biasa digunakan dalam memadamkan api kepada Konsulat Malaysia untuk Pontianak.

Konsulat Malaysia untuk Pontianak, Mohiyudin Ghazali, mengatakan selama tiga bulan dia berada di Kota Pontianak, rencana bantuan ini sudah lama dicanangkan tetapi baru bisa dilaksanakan hari itu. Bantuan kali ini berupa enam set pakaian dan helm petugas pemadam antiapi.

Dia sangat mengapresiasi kinerja pasukan pemadam kebakaran karena karena sepanjang dia berada di Pontianak, dia tidak melihat adanya kecelakaan oleh demikian sangat bagus. Pemberian bantuan ini, menurut dia merupakan salah satu program yang dirancang pada 2016. Tahun lalu pihaknya juga telah melaksanakan acara seperti ini di panti asuhan dalam acara "suka menghibah" dengan pemerintah di sejumlah kabupaten di Pontianak.

Pada pertengahan kedua tahun 2016 pun dia sudah merencanakan banyak program untuk Pontianak khususnya tetapi ia belum dapat memastikan. Bntuan seperti ini bukanlah yang pertama dan tentu saja bukan yang terakhir. Akan ada lagi acara lain dengan tujuan mendekatkan konsulat Malaysia dengan masyarakat Ponttianak. "Akan kami teruskan misi kami untuk meningkatkan hubungan" tegasnya.

Dewan Komisaris Yayasan Pemadam Kebakaran Panca Bhakti, Abi Hasni Tahir dalam sambutannya menceritakan perjalanan Yayasan Pemadam Kebakaran Paca Bhakti yang dimulai hanya dari sebuah mobil jenis pickup dan dua buah mesin pompa air. Melalui banyak perjalanan dari tahun 80an hingga sekarang menjadi sebesar sekarang, pelan-pelan dengan membeli mobil pemadam kebakaran dari pelelangan. "Kami ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas bantuan ini, agar bisa melindungi anggota kami dari kecelakaan," tukasnya.

Kepala BPBD Pontianak, Aswin Taufik sangat mengapresiasi kinerja pasukan pemadam yang ada di Pontianak, khususnya Yayasan Pemadam Kebakaran Panca Bhakti karena telah bekerja dengan tangguh dalam penyelamatan nyawa dalam memberikan pelayanan pemadam kebakaran dan penyelamatan. Tak lupa berterima kasih kepada Konsulat Malaysia atas kerjasama dan bantuan yang diserahkan hari itu.

Periode 2010 hingga 2015 telah terjadi 473 kali kebakaran di Pontianak dan sekitarnya dengan kebakaran hutan dan lahan menjadi angka tertinggi. Sementara di Kota Pontianak terdapat 25 yayasan pemadam kebakaran yang aktif dengan relawan berjumlah 1757 orang. Dan 10 pemadam kebakaran yang ada di Kabupaten Kubu Raya. “Peran pasukan pemadam kebakaran sangatlah penting dalam melindungi aset daerah dan keselamatan warga,” tegasnya. (mif)

Berita Terkait