Komplotan Maling Lintas Daerah Diringkus

Komplotan Maling Lintas Daerah Diringkus

  Rabu, 18 May 2016 10:03
JUMPA PERS: Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono didampingi sejumlah perwira mengadakan jumpa pers. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SATUAN Reskrim Polres Mempawah berhasil mengungkap komplotan pencurian lintas daerah diwilayah hukumnya. Empat orang pelaku beserta puluhan barang bukti hasil kejahatannya telah diamankan di Mapolres Mempawah.

Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono dalam press rilisnya menerangkan keberhasilan jajarannya mengungkap komplotan pencurian lintas daerah itu bermula ketika para tersangka beraksi di salah satu rumah kost-an di Kota Mempawah. Warga yang menaruh curiga dengan gerak-gerik sebuah mobil xenia KB 1803 HK.

Warga sempat mendatangi mobil yang ditunggangi para pelaku tersebut. Namun, ketika didekati para pelaku kabur. Naas, beberapa barang bukti hasil curiannya seperti sepeda dan baju kaos terjatuh di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Warga pun melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian.

Dari laporan itu, polisi melakukan penyelidikan dilapangan. Alhasil, polisi mendapatkan pemilik kaos yang tercecer itu. Adalah milik If, 32 warga Jalan Adiwijaya, Desa Antibar. Polisi pun mendatangi rumah I untuk pengembangan kasus. Benar saja, dari hasil penggeledahan itu polisi mendapatkan sejumlah barang bukti seperti empat ekor kucing persia, dua buah tas, hp, laptop dan peralatan elektronik lainnya.

Diduga barang-barang itu hasil pencurian yang dilakukan komplotan tersebut di rumah kost milik korban, Oki. Atas bukti kejahatan itu, If pun ditahan pihak kepolisian. Keesokan harinya, polisi mendapatkan informasi dari Polres Landak terkait empat orang yang terlibat dalam keributan di sebuah kafe di kawasan Ngabang. Polisi pun menahan dua orang berinisial Al, 24 dan R, 18. Polisi menduga, mereka merupakan komplotan pencurian rekan I yang sudah lebih dulu ditangkpa polisi.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, Satuan Reskrim Polres Mempawah pun bergegas menuju ke Ngabang untuk menjemput kedua pelaku. Setelah memastikan keduanya komplotan pencurian lintas daerah itu, polisi pun bergerak menuju ke Mempawah. Namun didalam perjalanan tepatnya di jalan raya Anjongan, polisi melihat mobil xenia KB 1803 HK terparkir dipinggir jalan dalam keadaan mogok.

Kontan saja, petugas pun melakukan penyergapan. Petugas pun sukses meringkus Ab, 21 tanpa perlawanan berarti. Selanjutnya, ketiga pelaku Al, R dan Ab digiring ke Mapolres Mempawah untuk bergabung bersama rekannya If yang sudah lebih dulu menginap di hotel prodeo Polres Mempawah.

“Dalam komplotan ini, kami berhasil menangkap empat pelaku. Sedangkan barang bukti hasil pencuriannya sangat banyak mulai dari beberapa kucing anggora dan persia, sepeda motor, laptop, sepeda, televisi dan barang-barang lainnya,” terang Kapolres.

Kapolres menerangkan, keempat tersangka merupakan komplotan spesialis curanmor, curat maupun curas. Diduga, mereka tidak hanya beroperasi diwilayah Kabupaten Mempawah melainkan juga daerah lainnya di Kalbar.

“Makanya kami masih melakukan pengembangan. Kami sudah berkoordinasi dengan polres lainnya untuk pendalaman kasus komplotan ini. Sedangkan untuk barang bukti, kami sudah menghubungi semua pemiliknya dan mereka sudah tahu barangnya berada di Polres Mempawah,” tutup Kapolres mengakhiri.(wah)

Berita Terkait