Komplek Nugraha Permai 3 Sembelih Lima Hewan Kurban

Komplek Nugraha Permai 3 Sembelih Lima Hewan Kurban

  Selasa, 13 September 2016 10:29
FOTO BERSAMA: Panitia penyembelihan hewan kurban foto bersama.

Berita Terkait

DALAM upaya mengimplementasikan konsep syiar agama, forum perumahan Nugraha Permai 3 Singkawang menyembelih lima hewan kurban, Senin (12/9). Ketua Forum Komplek Nugraha Permai 3, H Rochawi menyebutkan, lima hewan kurban tersebut terdiri dari satu ekor sapi dan empat ekor kambing.

 
Menurut Rochawi, kegiatan ini merupakan agenda tetap di Komplek Nugraha Permai 3, Kelurahan Bukit Batu, Kecamatan Singkawang Tengah, yang dilaksanakan menurut kalender Iduladha setiap tahunnya dan merupakan implementasi konsep syi’ar keagamaan.

Konsep tersebut dikembangkan di lingkungan perumahan Nugraha Permai 3 seiring sunnah Rasul SAW yang maknanya bahwa kurban merupakan wujud syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Selain itu, merupakan cermin ketabahan dan kesabaran yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, sehingga semangat berkurban hendaknya melekat dalam diri warga.

Ia juga menambahkan, penyembelihan hewan kurban mengandung dua nilai, yaitu terkait kesalehan ritual dan kesalehan sosial. "Kesalehan ritual berarti dengan berkurban kita telah melaksanakan perintah Allah yang bersifat transendental. Sedangkan kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, juga mempunyai dimensi kemanusiaan," katanya.

Dengan disyariatkannya kurban, kata dia, kaum muslim dilatih mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial dan mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama.

"Alhamdulillah jumlah hewan kurban tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, yakni hanya satu ekor sapi. Lima hewan kurban tahun ini, pendistribusian pun tidak hanya di lingkungan Komplek Nugraha Permai, tetapi dapat diberikan pada masyarakat sekitar lingkungan komplek. Mudah-mudahan pada tahun akan datang jumlah hewan kurban ini dapat meningkat. Amin,” ungkapnya. (ang)

 

Berita Terkait