Komix Edukasi Penggunaan Obat Wajar

Komix Edukasi Penggunaan Obat Wajar

  Selasa, 12 December 2017 10:00
FOTO BERSAMA: Tim Komix Show foto bersama para siswa dan pihak sekolah usai edukasi penggunaan obat secara wajar di SMAN 10 Pontianak (8/12). FOTO IST

Berita Terkait

MARAKNYA penggunaan obat, mendorong Komix menggelar ‘Edukasi Penggunaan Obat secara Wajar’ melalui Komix Show. Kegiatan ini bekerjasama dengan tim dokter yang memiliki pengetahuan dan pengalaman penggunaan obat. Kegiatan berlangsung di SMAN 10 Pontianak, Jl Purnama, Komp Purnama Agung 5, Jumat (8/12).

Handoyo Prasetya, Area Manager PT Bintang Toedjoe area Pontianak menuturkan, saat ini tidak sedikit masyarakat yang menyalahgunakan fungsi dan manfaat obat. Hal ini dapat memberikan dampak negatif. Atas dasar tersebut Bintang Toedjoe menggelar kegiatan edukasi kepada generasi muda. “Kami harap dapat memberi gambaran jelas dan benar kepada adik-adik mengenai penggunaan obat baik dan benar. Karena adik-adik adalah generasi muda yang harus dilindungi dari penyalahgunaan obat-obatan,” tuturnya.

Komix Show mengusung tema ‘Sehat Harus pakai Obat secara Wajar’. Acara ini memang secara khusus diadakan di SMP dan SMA se-Indonesia. Di area Pontianak, SMAN 10 Pontianak menjadi SMA terpilih dikunjungi tim Komix Show. Pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan edukasi oleh tim Komix Show.

Kepala SMAN 10 Pontianak, Dwi Agustina mendukung kegiatan positif Komix. Dwi memberikan arahan dan gambaran kepada siswa untuk mengambil dan menerapkan hal positif dari materi yang akan disampaikan. “Anak-anak harus menggambil hal positif kegiatan ini. Ilmu dan informasi yang diberikan sangat berguna untuk diambil dan diterapkan,” himbaunya kepada siswa.

Peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan materi oleh dokter penyuluh. Dalam sesi tanya jawab, beberapa siswa melontarkan pertanyaan seputar informasi yang diberikan. Rasa ingin tahu peserta dapat dijawab oleh dokter penyuluh. Sesi edukasi ini ditutup dengan foto bersama para peserta dan tim Komix Show.

“Kegiatan ini sangat baik. Banyak sekali penggunaan obat secara tidak wajar yang disasarkan kepada anak sekolah, karena mereka mudah terpengaruh. Saya apresiasi Komix Show karena dapat membentengi anak-anak dari bahaya penyalahgunaan obat,” jelas dr Atika Rahmatiya, dokter penyuluh Komix Show.

Obat seharusnya dilihat sebagai sebuah penyembuhan bukan penyebab sakit, sehingga sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara mengkonsumsi obat secara baik dan wajar. Mari saling menjaga dan mengingatkan bahwa sehat itu dimulai dari menggunakan obat secara wajar. (mde/ser)

Berita Terkait