Komitmen Majukan Ekonomi Daerah

Komitmen Majukan Ekonomi Daerah

  Jumat, 16 September 2016 10:28
SEMI MODERN: Hendryan menunjukan gambar bangunan dan tata letak Pasar Rakyat Semi Modern yang saat ini sedang dikerjakan di Pasar Alianyang Kota Singkawang.

Berita Terkait

SINGKAWANG—Pemerintah berkomitmen akan terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat daerah dengan membangun fasilitaas dan prasarana pendukung pusat perbelanjaan yang berada di Pasar Teradisional Alianyang Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Pusat perdagangan ini ditawarkan dengan fasilitas yang memadai guna menujuang sektor perekonomian. Serta manajemen pasar diselaraskan dengan hasil produksi pertanian yang dihasilkan oleh masyarakat di daerah.

“Kita akan mengutamakan produksi pertanian masyarakat lokal. Pasar ini akan kita bentuk dengan manajemen koperasi. Supaya pedagang maupun petani bisa mengontrol harga pasar yang akan dijual kepada konsumen,” tutur Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Singkawang Hendryan, Kamis (15/9) kepada media ini.

Dia mengatakan peningkatakan perekonomian masyarakat akan bisa terwujudkan dengan baik. Apabila antara pedagang dan petani bisa berkoordinasi dalam menentukan harga pasar di pusat perbelanjaan di Kota Singkawang.

Ia menuturkan dengan adanya jalinan kerjasama melalui koperasi pedagang dan petani hal tersebut diharapkan dapat membantu menstabilkan sirkulasi perekonomian dalam kehidupan masyarakat. Sehingga kertersedian barang kebutuhan pokok dapat diantisipasi dan dimaksimalkan dengan kondisi harga pasar yang berada dikalangan konsumen.

“Kami akan fasilitasi pedagagang dalam membentuk koperasi. Karena koperasi pedagang ini sangat banyak manfaatnya apabila tekun dijalankan. Apabila wadah koperasi ini sukses dijalankan, tidak hanya pengurus koperasi yang bakalan sukses. Tetapi seluruh anggota koperasi pedagang juga ikut sukses dengan bersamaan,” ungkap Kadisperindagkop dan UKM Kota Singkawang.

Sementara Tokoh Pemuda Masyarakat Kota Singkawang Hasan Akbar menanggapi sangat mengapresiasi program pembangunan yang sedang digencarkan oleh pemerintah daerah dalam memajukan sektor perekonomian masyarakat. Dengan adanya pusar perbelanjaan pasar rakyat semi modern ini diharapkan kesejahteraan pedagang dan petani semakin lebih baik di Kota Singkawang.

“Kami sangat mendukung adanya pembangunan pusat perbelanjaan di Pasar Alianyang. Ini diharapkan bisa membantu pedagang dan petani dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya melihat program pembangunan Pasar Rakyat Semi Modern di Pasar Alianyang Kota Singkawang.

Dia menyampaikan dalam manajemen pasar rakyat semi modern kedepan diperlukan adanya kedewasaan berorganisasi bagi kalangan pedagang maupun petani yang akan menjual hasil produksi pertanian daerah kepada konsumen. Sehingga kestabilan barang dan jasa yang ditawarkan tidak menghambat lanjutnya pertubuhan ekonomi masyarakat Kota Singkawang.

Ia mengungkapkan apabila rancangan pembangunan pasar rakyat semi modern ini sudah selesai dikerjakan. Diharapkan pemerintah terkait benar-benar bisa mengelola dan mengawasi hasil produksi pertanian maupun sistem perdagangan di pusat perbelanjaan pasar rakyat semi modern.

“Kami minta evaluasi dan pengawasan maupun penertiban pedagang bisa dilakukan secara maksimal. Begitu juga dengan manajemen pasar diarahkan dengan kestabilan harga barang dan stok letersedian barang yang diperlukan masyarakat. Jangan sampai pengelolaan pasar tidak seimbang dengan kestabilan harga barang dipasaran,” imbuhnya. (irn)

Berita Terkait