Komandan Paspampres Pimpin Kodam Tanjungpura

Komandan Paspampres Pimpin Kodam Tanjungpura

  Senin, 23 May 2016 10:04
Andika Perkasa

Berita Terkait

JAKARTA – Komando Daerah Militer XII Tanjungpura (meliputi wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah) punya komandan baru. Tak tanggung-tanggung, jabatan strategis itu dipercayakan kepada Mayjen TNI Andika Perkasa. Andika  selama ini menjabat Komandan Pasukan Pengaman Presiden. Menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal (purn) Abdullah Machmud Hendropriyono  itu akan menggantikan Mayjen  Agung Risdhianto. Agung yang juga mantan Sekretaris Pribadi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono ini dipercaya menjabat Asisten Operasi Panglima TNI. 

Posisi Andika sebagai orang nomor satu di Paspampres dipercayakan kepada Brigjen Bambang Suswantono. Bambang bukanlah nama baru di Paspamres. Selama ini,  lulusan Akademi Angkatan Laut 1987 itu merupakan Wakil Danpaspamres, mendampingi Andika mengamankan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

Mutasi ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI nomor Kep/404/V/2016 tanggal 20 Mei 2016.  Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Tatang Sulaiman membenarkan pergantian ini. 

“Iya, berdasarkan keputusan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Mayjen TNI Andika Perkasa menggantikan Mayjen TNI Agung Risdhianto. Pengganti Mayjen Andika adalah Wakil Komandan Paspampres Brigjen Bambang Suswantono,” kata Tatang menjawab Pontianak Post, Minggu (22/5) malam. 

Tatang mengatakan bahwa ini merupakan mutasi biasa dalam sebuah organisasi. Karenanya, tegas dia, pergeseran jabatan ini demi kepentingan organisasi dan peremajaan. Tidak ada hal lainnya. “Ini sesuai kebutuhan organisasi, peremajaan,” kata Tatang. Informasi yang dihimpun Pontianak Post, serah terima jabatan akan dilakukan dalam waktu dekat. “Nanti kami akan rilis saat setelah serah terima jabatan,” pungkasnya. 

Agung Risdhianto dilantik sebagai Pangdam XII Tanjungpura menggantikan Mayjen TNI Toto Rinanto yang dipercaya menjabat Pati Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Darat.  Jebolan Akademi Militer 1985 ini, menjabat Pangdam XII Tanjungpura kurang lebih enam bulan.  Serah terima jabatan dari Toto kepada Agung digelar di Markas Besar TNI AD di Jakarta, Rabu  6 Januari 2016. 

Pengganti Agung sudah  cukup familiar. Andika Perkasa pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD. Jebolan Akademi Militer 1987 itu menjabat Danpaspampres berdasarkan Keputusan Panglima TNI nomor Kep/760/X/2014 tanggal 14 Oktober 2014 dan resmi bertugas pada 22 Oktober 2014, dua hari setelah pelantikan Jokowi-JK. Andika cukup berpengalaman di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. 

“Saya ucapkan kepada Mayjen Andika yang telah dipercaya sebagai Pangdam XII Tanjungpura. Saya juga menyampaikan terimakasih kepada pak Agung atas segala dedikasi didalam menjalankan tugas di Kalbar,” kata anggota DPR daerah pemilihan Kalbar Syarif Abdullah Alkadrie menjawab Pontianak Post, Minggu (22/5). 

Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di DPR ini mengatakan, Kalbar merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Karenanya, ia berharap Andika dapat melaksanakan tugas dengan baik. “Karena beliau dinilai sukses sebagai Danpanpempres dan dalam waktu tidak begitu lama sudah mendapat promosi menjadi Pangdam,” kata dia. (ody)

Berita Terkait