Kodam XII Tanjungpura Kembali Salat Istisqa

Kodam XII Tanjungpura Kembali Salat Istisqa

  Kamis, 29 Oktober 2015 10:12
SALAT ISTISQA: Ratusa parjurit dan PNS Kodam XII Tanjungpura melakukan salat Istisqa usai mengikuti upacara peringatan Sumpah Pemuda di Halaman Makodam XII Tanjungpura. foto Ashri Isnaini/pontianak post

KUBU RAYA—  Ratusan prajurit dan PNS Kodam XII Tanjungpura, Rabu (28/10) kembali melakukan salat istisqa usai mengikuti upacara peringatan Sumpah Pemuda di halaman Makodam XII Tanjungpura di Jalan M. Aliayang Nomor 1 Sungi Raya.Habiib Ja’far bin Abdurrahman bin Syahab yang didaulat menjadi imam sekaligus khatib dalam salat istisqa tersebut  mengimbau semua ummat Islam termasuk para prajurit Kodam XII Tanjungpura untuk senantiasa menjalankan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW dan meninggalkan semua larangannya.

“Kabut asap yang terjadi merupakan salah satu dampak buruk dari adanya kebakaran hutan baik yang disengaja ataupun tidak. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu pelajaran sekaligus ujian bagi kita semua  agar kedepan bisa lebih menginstrospeksi  diri untuk berupaya maksimal dalam menjaga kelestarian alam termasuk hutan dan semua ekosistem yang ada,” paparnya.Dalam khutbah singkat tersebut Habib Ja’far menegaskan, jika kita sudah menjalankan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya, niscaya Allah SWT akan mencabut musibah kabut asap yang terjadi saat ini.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura, Kolonel Inf Mukhlis menerangkan kembali dilakukannya salat Istisqa  di lingkungan Kodam XII Tanjungpura merupakan salah satu instruksi dari panglima TNI.Meski beberapa hari ini Kota Pontianak, Kubu Raya dan sekitarnya sempat mendapat curah hujan namun hingga saat ini kabut asap masih menyelimuti hampir sebagian besar wilayah Kubu Raya dan Kota Pontianak dan sejumlah daerah lainnya. Dengan adanya salat Istisqa tersebut diharapkan hujan kembali mengguyur wilayah Kalimantan Barat termasuk Kota Pontianak dan Kubu Raya serta sejumlah provinsi yang masih diselimuti kabut asap.

“Semua Kodam seluruh Indonesia termasuk Kodam XII Tanjungpura diperintahkan mulai dari tingkat Koramil sampai dengan Kodam menggelar salat Istisqa secara serempak. Untuk yang beragama non muslim melakukan doa bersama di tempat ibadah masing-masing,” papar Kolonel Inf Mukhlis, seraya berharap agar hujan deras segera datang di daerah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan sehingga kabut asap segera bisa hilang. (ash)