Kocak, Edit Foto Bareng Seleb

Kocak, Edit Foto Bareng Seleb

  Senin, 29 January 2018 10:00

Berita Terkait

So Real, So Viral

SIAPA yang tak ingin akrab dengan para selebriti terkenal? Beruntung bagi cowok bernama Syahril Ramadan ini karena dia bisa berpose bareng Chelsea Islan, Natasha Wilona hingga Cinta Laura Kiehl. Belakangan namanya viral di jagat internet berkat fotonya bareng para seleb cantik tersebut. 

Tapi tunggu dulu, semua potret itu hanyalah rekayasa dari Photoshop, kok. Yap, Syahril memiliki skill Photoshop yang mengagumkan. Karyanya menarik untuk disimak, nggak membosankan, menghibur, terlihat begitu nyata, dan tentu saja membuat kita tertawa dengan gayanya yang kocak.

Sekilas hasil edit fotonya tampak nyata. Mulai dari membawakan belanjaan sayuran Nikita Willy, memijat kaki Chelsea Islan hinga makan bersama Justin Bieber. Tak heran jika sekarang follower pemilik akun instagram @srdesignart ini mencapai 245k.

Cowok kelahiran 6 Januari 1998 ini tak menyangka namanya kini viral berkat editan fotonya. Kecintaannya terhadap dunia fotografi sudah ada sejak Syahril lulus SD. Bermula dari iseng-iseng ngedit untuk foto profil facebook, banyak warganet yang tertarik dan akhirnya mengapresiasi hasil karyanya.

Sejak itu kecintaannya semakin bertambah dan akhirnya memutuskan untuk menggali ilmu fotografi lebih dalam. “Aku nggak nyangka sekarang bisa dikenal lewat hasil karya. Padahal tujuan awalnya menghibur diri sendiri, ternyata banyak yang terhibur juga,” ungkap Syahril.

Foto-foto editan Syahril terinsipirasi dari Erik Johansson. Doi sangat excited dengan hasil foto Erik hingga akhirnya memutuskan untuk belajar membuat foto surreal. Cowok yang bercita-cita menjadi fotografer profesional ini mendapatkan skill mengedit foto secara otodidak.

Teori dan ilmu mengedit dengan Photoshop dipelajari melalui browser internet dan YouTube. Selebihnya doi lebih banyak praktek langsung dan bereksperimen sendiri.

Waktu yang digunakan Syahril untuk mengedit satu foto relatif singkat. “Pertama itu pemotretan dulu, paling lama sekitar 10 menit dilanjutkan proses editing di layar sekitar satu jam. Untuk foto edit dengan artis bisa memakan waktu sampai 2 jam,” beber cowok asal Batam ini.

Semakin tinggi tingkat kehalusan foto, semakin lama pula waktu yang diperlukan. Tidak ada kesulitan selama proses pengerjaan selain sulitnya memikirkan ide foto yang menarik dan kocak.

Menjadi viral tak membuat siswa SMK Kolese Tiara Bangsa ini menjadi besar kepala. Syahril selalu menerima kritikan untuk belajar menjadi yang lebih baik lagi

 “Pujian dan kritikan aku anggap sebagai apresiasi terhadap karyaku, yang baik diambil, yang buruk ditinggalkan,” cuap Syahril.

Syahril juga nggak pelit ilmu, loh! Bagi kalian yang penasaran bagaimana proses edit biar bisa sehalus hasil editan Syahril, boleh kepoin channel YouTube peribadinya.

Meskipun usianya masih muda, berkat hobi ini Syahril kini mampu memenuhi kebutuhan pribadinya sendiri, “Aku bangga karena sekarang aku mandiri dan bisa bantu orang tua,” lanjutnya.

Tak main-main, Syahril berencana membuat studio foto untuk membuat foto surreal lainnya. “Dalam jangka panjang aku berharap bisa berkeliling dunia mengabadikan setiap momen dengan kameraku sendiri,” pungkasnya. (dee) 

Berita Terkait