Kobe Tutup Buku

Kobe Tutup Buku

  Jumat, 15 April 2016 09:04
TANDATANGAN: Kobe Bryant (24) dari Los Angeles Lakers membubuhkan tandatangan di Staples Center,Los Angeles, California usai laga melawan Utah Jazz (13/4). Jesse D. Garrabrant / NBAE / Getty Images / AFP

Berita Terkait

LOS-ANGELES-“Apalagi yang harus aku katakan, Mamba is out,” ucap Kobe Bryant. Dia langsung menaruh microphone di atas lantai di tengah lapangan. Lantas menghampiri dua buah hatinya Natalia dan Gianna. Juga sang istri Vanessa. Mereka berpelukan hangat.  

Itu menjadi kata penutup Kobe Bryant dalam pidato emosional usai pertandingan terakhirnya di Staples Center kemarin. Markas Lakers itu kemarin begitu meriah. Tiket terjual habis. Chant “Kobe!Kobe!Kobe!” sepanjang malam tidak berhenti. Semua orang ingin memberikan yang terbaik untuk melepas Kobe mengakhiri karier.

Di laga pamungkas kariernya itu dia juga tampil begitu apik. Kobe mengemas 60 poin. Membawa Lakers menang 101-96 atas Utah Jazz. Perjalanan karier 20 musim Black Mamba-julukan Kobe di NBA remi ditutup seiring bunyi buzzer berakhirnya pertandingan. 

“Man!,” seru Kobe. “Kalian tahu, sampai sekarang aku belum percaya baegitu cepat 20 tahun itu berlalu. Ini gila. Sungguh, ini benar-benar gila,” ucapnya.

Sebanyak 60 poin yang dia ciptakan kemarin menjadi total skor terbanyak yang dia buat sejak 2 Februari 2009. Saat itu Kobe mengemas 61 poin saat melawat ke markas New York Knicks di Madison Square Garden.

Jumlah skor yang dicetaknya kemarin membuat Kobe pensiun dengan catatan enam kali mengemas 60 poin atau lebih di satu laga sepanjang 20 musim terakhir. Termasuk cetakan 81 poin yang dia lakukan saat melawan Toronto Raptors pada 22 Januari 2006 lalu. 

Sampai kini, raihan 81 poin di satu pertandingan itu menjadi yang tertinggi kedua dalam sejarah NBA. Hanya kalah dari cetakan Wilt Chamberlain (Philadelphia 76ers) pada 1962 dengan 100 poin.
“Dia (Kobe) tidak pernah menipu kita sebagai fans,” ucap ikon Lakers Magic Johnson saat memberi pengantar sebelum seremoni penghormatan untuk Kobe sebelum laga dimulai. 

Pesan dari para bintang-bintang NBA dirangkum dalam video yang diputar sebelum pertandingan. Di antara bintang-bintang itu ada Kevin Durant, Carmelo Anthony, Dwyane Wade, Gregg Popovich , Stephen Curry, LeBron James, Pau Gasol, dan Shaquille O'Neal. 

Nama terakhir yang disebut juga datang ke Staples Center. O'Neal dan Kobe berkontribusi besar dalam memberikan tiga gelar juara Lakers pada 2000, 2001, 2002. Keduanya berpelukan sangat erat usai pertandingan. “Dia (Kobe) Lakers terbaik yang pernah ada,” ucap O'Neal.

Presiden Lakers Jeanie Buss memberikan hadiah spesial berupa cincin pensiun kepada Kobe dan sang istri Vanessa. Saat timeout di kuarter pertama, giliran video penghormatan dari para musisi dunia yang diputar di Staples Center. Mereka di antaranya Snoop Dogg, Taylor Swift, Justin Timberlake, Flea, John Legend, Ice Cube, Kanye West, dan Justin Bieber. “Aku seperti berada di konser,” ucap rookie forward Lakers Larry Nance.

Di pertandingan Kobe mengemas 15 dari 17 poin terakhir Lakers. Termasuk jump shot yang dilakukannya pada 31,6 dan 14 detik terakhir pertandingan. Total dia melakukan 50 kali attempt. Dua poin terakhir Kobe dalam kariernya dicetak melalui dua tembakan free throw. Sama persis dengan cara legenda hidup NBA Michael Jordan mengakhiri karier. “Dia terus bertanding sekeras mungkin. Dan lima banner juara NBA yang kita punya sekarang membuktikan semuanya,” ucap Johnson.

Di dunia maya tidak kalah heboh melepas Kobe. Ratu tenis dunia Serena Williams ikut larut dengan memposting pesan khusus untuk Kobe. “Kamu menginspirasi setiap atlet di dunia ini,” cuitnya. Saat pertandingan berlangsung, akun resmi Lakers di Twitter sempat hang selama 35 menit akibat terlalu banyaknya mention yang masuk.

“Menghabiskan waktu selama 20 tahun di klub ini, sungguh, tidak ada yang bisa ditulis lebih indah dari ini semua. Tidak ada kata yang bisa mendeskripsikan perasaanku kepada kalian semua. Terima kasih dari lubuk hatiku yang paling dalam. Aku cinta kalian semua. Apa yang harus aku katakan lagi? Mamba Out,” tutup Kobe. (irr)

Berita Terkait