Knalpot Racing, Akan Dilaporkan

Knalpot Racing, Akan Dilaporkan

  Kamis, 12 May 2016 10:11

SATLANTAS Polres Sambas bakal melaporkan ke pihak sekolah jika didapati pelajarnya menggunakan knalpot racing atau melanggar lalu lintas lainnya.

“Satlantas Polres Sambas, sudah sering sosialisasi lalu lintas ke sekolah, baik pada saat apel ataupun pertemuan yang diagendakan. Kemudian menjalin kerja sama lainnya, diantaranya melaporkan siswanya ke pihak sekolah jika didapati melanggar peraturan lalu lintas termasuk penggunaan knalpot racing,” kata Kapolres Sambas, AKBP Sunario SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Yober Lisu, belum lama ini.

Hal ini dilakukan, lanjutnya, khususnya untuk knalpot racing. Pihaknya terus mendapatkan laporan dari masyarakat, mengenai suara yang ditimbulkan kendaraan bermotor yang dipasang knalpot racing.

“Dampaknya, masyarakat yang merasakan yakni kebisingan. Dan kita sudah berkali-kali mendapatkan laporan akan hal itu,” kata AKP Yober Lisu.

Menyikapi laporan tersebut. Satlantas Polres Sambas, meresponnya dengan melaksanakan razia. Seperti halnya baru-baru ini dilakukan. Yakni berhasil menertibkan 22 kendaraan roda dua berknalpot racing.

“Kita amankan kendaraan roda dua berknalpot racing di Mapolres,” katanya. Selain membawa ke Mapolres. Pengendaranya juga diperiksa mengenai kelengkapan kendaraan.

Setelah diamankan, bagi pemilik yang akan mengambilnya. Dipersilahkan, dengan catatan membawa knalpot asli dan menggantinya. 

“Bagi yang mengambil. Kita minta membawa surat menyurat lengkap, dan diminta mengganti knalpot racing dengan yang model biasa. Knalpot racingnya kita sita,” katanya. Knalpot racing yang disita. Sengaja di gantung di depan Pos Lantas (di Pasar Sambas). Hal ini untuk mengingatkan kepada semua masyarakat, terutama kepada para orang tua untuk menyarankan kepada anaknya tak memasang knalpot racing dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara.

“Kendaraan yang berknalpot racing, kita catat surat menyurat kendaraannya. Jika nantinya didapati lagi (menggunakan knalpot racing), kita akan langsung tilang, panggil orang tuanya dan laporkan ke pihak sekolah,” katanya.(fah)