Klub-Klub Inggris Berjaya

Klub-Klub Inggris Berjaya

  Jumat, 20 Oktober 2017 10:00

Berita Terkait

LONDON – Separuh perjalanan fase grup Liga Champions musim 2017-2018 memberikan titik cerah buat klub-klub Inggris. Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool, dan Tottenham Hotspur semuanya menduduki posisi puncak pada masing-masing grupnya.

Pada matchday tiga kemarin (19/10) United berhasil mengalahkan tuan rumah Benfica dengan skor 1-0 di Stadion da Luz Lisbon. Dengan hasil kemarin Setan Merah pun meraup angka sempurna dari tiga laga di grup A. Penyerang muda United Marcus Rashford menjadi kontributor gol tunggal United pada menit ke-64. 

Sementara pada grup C Chelsea dibuat berkeringat oleh tamunya AS Roma di Stamford Bridge. Skor imbang 3-3 adalah angka aman buat kedua tim. Meski cuma menambah satu poin kemarin The Blues masih nangkring sebagai pemuncak grup dengan poin tujuh. 

David Luiz (11') dan Eden Hazard (37', 75') menatahkan namanya di papan skor pertandingan di kubu Chelsea. Sedang Aleksandar Kolarov (40') dan Edin Dzeko (64', 70') di pihak Giallorossi. 

Nah, lima tim Inggris yang memuncaki klasemen kemarin tentu sedikit menyegarkan buat Liga Champions. Sejak musim 2013-2014 lalu, Barcelona dan Real Madrid membuat ajang Liga Champions mirip 'pesta undian berhadiah' bagi kedua. Barca kebagian sekali gelar, sedang tiga sisanya dirajai Real. 

Kebangkitan tim-tim Inggris ini memunculkan asa seandainya trofi Si Kuping Besar bakal boyongan ke tanah Inggris musim ini. Chelsea menjadi tim Inggris terakhir yang menjadi kampiun Liga Champions musim 2011-2012. 

Dari indek kemenangan diantara lima liga elit Eropa (Premier League, La Liga, Bundesliga, Serie A, dan Ligue 1) maka Premier League adalah liga terbaik. Dari lima tim Inggris belum satu pun yang mengalami kekalahan. 

Duo klub Manchester, United di grup A dan City di grup F, mencatatkan streak kemenangan dalam tiga matchday. Kemudian Chelsea di grup C dan Spurs di grup H mengemas dua kemenangan dan sekali seri. Yang 'paling lemah' diantara klub Inggris adalah Liverpool yang memuncaki grup E dengan sekali menang dan dua seri. 

Atas penampilan impresif tim-tim Inggris di fase grup tersebut tidak menjamin bakal melenggang mulus jadi juara. Kepada The Sun kemarin bekas penyerang Arsenal Ian Wright cuma menjagokan satu tim Inggris yang bisa menembus babak empat besar. 

“Selama City bisa membagi konsentrasi dengan kancah domestik. Saya sangat mengharapkan mereka menjadi wakil Inggris di semifinal Liga Champions musim ini,” tutur Wright. Selain City, tiga tim lain yang difavoritkan Wright melaju ke semifinal adalah Barca, PSG, dan Real. 

Melihat rekam jejak tim-tim Inggris dalam lima musim terakhir, musim 2013-2014 lalu adalah masa terbaik tim asal Ratu Elizabeth II itu. Saat itu Chelsea dan United berhasil menembus delapan besar. Chelsea malah bisa melangkah hingga semifinal sebelum akhirnya menyerah kepada Atletico Madrid. 

Gelandang Chelsea Eden Hazard seperti dalam wawancara dengan BT Sports kemarin mengatakan meski cuma bermain seri toh timnya masih kokoh berada di puncak. “Kami memikirkan laga selanjutnya di kandang Roma kami akan berjuang disana dan mengejar lolos ke fase berikutnya dengan cepat,” tutur Hazard. Kalau Chelsea menang di matchday keempat (31/10) mendatang dan Atletico gagal menang di kandang versus FK Qarabag maka Chelsea akan memastikan tiket lolos. 

Sama dengan Hazard, pelatih United Jose Mourinho optimis timnya bakal lolos dengan gampang. “Kami tinggal butuh satu poin buat lolos fase grup dan satu kemenangan di laga away. Sebab dari tiga laga sisa kualifikasi kami punya dua laga kandang,” ucap Mourinho dalam situs resmi UEFA. (dra)
 

Berita Terkait