Kirim Siswa ke IPB Bogor

Kirim Siswa ke IPB Bogor

  Jumat, 22 April 2016 09:16
SELEKSI IPB: Kegiatan seleksi untuk masuk sebagai calon mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) di SMA Negeri 1 Sukadana, Kayong Utara. DANANG PRASETYO/Pontianak Post.

SUKADANA--Kabupaten Kayong Utara kembali menjalin kerjasama dengan  perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya Institut Pertanian Bogor (IPB). Rabu (21/4)kemarin, kali pertama menyambangi Negeri Bertuah dengan memberikan tes tertulis di SMA Negeri 1 Sukadana. Diikuti puluhan siswa  dari berbagai sekolah yang belum lama mengikuti ujian nasional se-Kayong Utara.

Seleksi tertulis  bertujuan untuk mencari bibit unggul generasi muda agar dapat menjadi mahasiswa dengan mengenyam pendidikan di IPB tersebut. Sebelum mengikuti seleksi tertulis bersama IPB, tiap-tiap sekolah melakukan seleksi terlebih dahulu siswanya.

Dikatakan, Ketua Tim BUD Institut Pertanian Bogor, Ibnul Qayim yang turun langsung di SMA N 1 Sukadana yang memberikan materi tertulis terhadap siswa, menjelaskan kerjasama ini merupakan kali pertama  guna meningkatkan  sumber daya manusia Kayong Utara. “Kita sangat merespon baik guna meningkatkan SDM Kayong Utara secara  bersama,”terangnya, setelah memberikan pemaparan kepada peserta seleksi penerimaan mahasiswa IPB di SMA N 1 Sukadana.

Menurut Ibnul Qayim, dengan melakukan jalinan kerjasama seperti ini sangat baik demi pengembangan SDM. Program ini memang sudah ada jalur tersendiri yaitu, biaya siswa utusan daerah. Karena menurut dia, jika dengan menggunakan jalur normal saja, melalui SNMPTN atau melaui SBMPTN cukup sulit untuk menjaring dari daerah.

Maka dari itu, sambung dia, memang harus ada program tersendiri. Yaitu dengan mendatangi masing-masing kabupaten, seperti Kabupaten Kayong Utara ini. Hal ini tentunya sebelumnya bicara dengan Bapenas, siapa yang berminat untuk mengembangkan SDM, ternyata Kayong Utara tertarik mengeni hal itu.

 “Untuk itulah saya datang ke Kayong Utara, dengan melihat kondisi daerah di tahun pertama ini, ternyata Kayong Utara sangat berpotensi. Selain ke Maritiman dari 36 prodi dari berhubungan dengan Pertanian dan komoditas kita juga memiliki Fakultas Ekonomi, Manajemen dan Fakultas lainnya,”terangnya.

Bertepantan akan pelaksanaan  Sail Selat Karimata 2016, yang  merupakan program nasional untuk poros Maritim, pihaknya memandang inilah saatnya dapat membantu  dengan bekerjasama terutama pada Maritim.

Untuk itu, lanjut dia, IPB juga memiliki jurusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Saat inilah benar-benar dapat melihat sumber daya kelautan. Tentunya dengan melalui jurusan, Teknologi Hasil Perikanan, Perikanan Tangkap, Ilmu Kelautan, Budidaya dan Menajemen Sumber Daya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kayong Utara, Hilaria Yusnani mengatakan untuk kegiatan seleksi calon mahasiswa  IPB barulah kali peratama dilakukan. Yang memang jalinan kerjasama antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kayong Utara. 

Menurut dia, dengan adaya kerjasama ini anak-anak di Kayong Utara, dapat berkesempatan untuk belajar di pergurun tinggi. Tentunya yang memiliki akreditasi tinggi sesuai dengan kebutuhan daerah (Kayong Utara.Red).

 “Disamping kebutuhan daerah, ini juga sesuai dengan minat anak. Kita harapkan dengan adanya kerjasama untuk meningkatkan sumber daya manusia, dan kedepannya akan tetap adanya kerjasama lanjutan dari IPB. Untuk kali ini kita yang mengirim mahasiawa, yang terlebih dahulu melakukan seleksi. Dengan mencari yang terbaik untuk dapat masuk ke perguruan tinggi,”terang  mantan Kepada Dinas Pendidikan Kayong Utara.

Kerjasama ini diharapkan dapat terus mengembangkan potensi di Kayong Utara. “Harapan kita bagi mahasiwa Kayong Utara walau telah difasilitasi dari Pemda benar-benar dapat menggunakan kesempatan ini. Dan janganlah terlalu  berharap setelah lulus nanti dapat masuk sebagai PNS begitu saja. Karena itu bukan tujuan kita. Bahkan tujuannya agar mereka dapat membuat lapangan perkerjaan sendiri,”katanya.  (dan)