Kibarkan Merah Putih di Perbatasan Malaysia

Kibarkan Merah Putih di Perbatasan Malaysia

  Sabtu, 13 Agustus 2016 10:35

Berita Terkait

PONTIANAK — Komando Daerah Militer XII Tanjungpura akan mengibarkan 17.845 bendera merah putih di sepanjang perbatasan Indonesia dengan Malaysia pada HUT Kemerdekaan RI ke 71 nanti.

Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura, Kolonel Infantri Tri Rana Subekti mengatakan, pengibaran bendera akan dimulai dari tanggal 13 hingga 17 Agustus 2016 itu, melibatkan 1000 orang peserta yang terdiri dari gabungan tim pecinta trail Jawa dan Kalbar. “Kegiatan ini, juga akan dicatat sebagai sebuah rekor muri,”, Kolonel Infantri Tri Rana Subekti, Jumat (12/8).

Adapun rutenya, tim akan mulai start dari Kecamatan Nanga Badau, Puthusibau yang berbatasan langsung dengan Distrik Lubuk Antu Malaysia. Tim kemudian melanjutkan ke arah barat menuju lima post perbatasan lainnya, hingga finish Sambas.

Ribuan bendera akan dipasang disetiap titik yang sudah ditentukan saat melewati Jalan Inspeksi Patok Perbatasan (JIPP). “Routenya, dari Nanga Badau ke barat sampai ke Temaju, Sambas,” jelasya.

Pada 16 Agustus, Kata Tri, tim akan mengibarkan bendera di Tanjung Datuk, di Mercusuar  di pulau yang pernah di claim milik Malaysia sebagai wilayahnya. “Bendera sebesar 15x10 meter itu, akan dikibarkan langsung oleh Kasrem bersama para nelayan,”ungkapnya.

Di setiap pos perbatasan, akan dilakukan upacara penigbaran bendera bersama pemuka masyarakat. Dalam kesempatan itu pula, ada penandatanganan komitmen kesiapan bela Negara dan cinta tanah air. “Hasilnya nanti akan diserahkan ke Danrem,” ujarnya.

Dikatakan pula, 17.845 buah bendera itu, sesuai dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Dengan mengusung kecintaan terhadap tanah air dan bela Negara, yang melibatkan ribuan orang itu, nantinya akan dicatat sebagai rekor muri.

Peringatan HUT Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tinggal menghitung hari, berbagai macam persiapan telah dilakukan, terutama jelang upacara peringatan detik-detik proklamasi di Kota Pontianak, Rabu 17 Agustus mendatang.

Salah satu kesibukan terlihat di Lapangan Sepak Bola Kebon Sajoek, Jalan Pattimura Pontianak yang akan menjadi lokasi pengibaran bendera merah putih. Tempat ini menjadi pusat pelatihan sekitar 30 lebih para pelajar yanga akan menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

"Ada sekitar 30 lebih siswa-siswi se-Kota Pontianak yang dilibatkan dalam tim Paskibra tahun ini. Ditambah ada dari TNI dan Polri yang masuk dalam tim 45," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Pontianak Syarif Saleh Alkadrie kepada Pontianak Post, Jumat (12/8).

Latihan tersebut sudah berlangsung sejak Senin (8/8) lalu dan masih akan terus berlangsung hingga pelaksanaan nanti. Mereka awalnya diseleksi dan diutamakan yang sudah berpengalaman seperti dari tim Paskibra sekolah dan Pramuka. "Mereka terus fokus latihan, tiap pagi dan sore, selama ini dikarantina di Bandiklat," jelasnya.

Dia mengatakan progress latihan para Paskibra sudah mencapai 90 persen. "Sejauh ini tidak ada hambatan, selama karantina semua diperhatikan mulai dari makanan, kesehatan dan kondisi fisik mereka," pungkasnya.(bar/gus)

Berita Terkait