Khatamul Quran dan Akhirusanah SMP Islam Al Azhar Pontianak

Khatamul Quran dan Akhirusanah SMP Islam Al Azhar Pontianak

  Minggu, 29 May 2016 16:41
KHATAMUL QURAN: Khatamul Quran dengan melantunkan surah dalam juzz amma.

Berita Terkait

Orangtua Kagumi Kemampuan Siswa

ORANGTUA siswa mengapreasiasi kemampuan murid-murid SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak. Mereka tidak saja menimba ilmu pengetahuan secara umum, namun juga ilmu agama. Itu ditunjukkan saat mereka tampil dalam acara Khatamul Quran dan Akhirusanah angkatan X Tahun Pelajaran 2015/2016 pada Sabtu (28/5) lalu di Gedung Auditorium Untan.

“Mewakili para orangtua, kami merasa bangga. Anak-anak kami dididik sehingga memiliki kemampuan seperti ini,” kata Profesor Dr H Thamrin Usman, DEA. Rektor Untan ini mewakili orangtua menyampaikan pesan dan kesan selama anaknya menimba ilmu di sekolah itu.

Khatamul Quran diawali dengan pembacaan doa dari salah satu siswa. Kemudian dilanjutkan membaca satu per satu surah dalam juzz amma secara bergiliran. Mereka begitu hafal dan fasih dalam membaca. “Terkesima saya mendengar bacaan-bacaan mereka,” lanjut Thamrin.

Dia juga mengapresiasi kemampuan siswa dalam kegiatan seni. Suguhan tari, permainan music, pidato dan sambutan siswa yang semuanya dilakukan dalam bahasa inggris ini menandakan bahwa generasi kita sudah siap menyongsong masa depan. Mereka yang tidak tahu menjadi tahu. Yang tahunya sedikit kini menjadi banyak. “Bapak dan ibu guru telah menghijrahkan anak kami,” lanjut Thamrin.

Namun diingatkannya perjalanan anak-anak masih panjang. Jenjang pendidikan sekolah lanjutan atas dan perguruan tinggi akan mereka hadapi. Bersyukurlah mereka yang mendapatkan pendidikan umum yang seiring dengan pendidikan agama. Semoga kelak mereka menjadi orang-orang yang berintelektual dan berakhlakul karimah.

Kepala SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak Diana Ekarini S.Ag, M.Pd mengungkapkan pola pendidikan yang mereka suguhkan tidak hanya pengetahuan umum. Siswa juga digembleng ilmu pengetahuan agama. Siswa yang lulus sudah harus bisa membaca Al Quran. Bahkan mereka ditargetkan untuk bisa hafal dan mengerti makna-makna dalam surah juzz amma.

Dijelaskan Dian, pencapaian siswa tidak saja semata peran guru. Keberadaan orangtua juga sangat membantu dalam proses belajar mengajar. Begitu juga dengan fasilitas penunjang lainnya.

Sekolah Al Azhar telah memiliki visi dan misi yang jelas.  Mewujudkan cendikiawan muslim yang bertaqwa dan berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, cerdas, cakap dan terampil, percaya pada diri sendiri, memiliki kepribadian yang kuat, berwatak pejuang dan memiliki pula kemampuan untuk mengembangkan diri dan keluarganya serta bertanggungjawab atas pembangunan umat dan bangsa.**

Berita Terkait