Khasiat Daun Mint

Khasiat Daun Mint

  Jumat, 20 May 2016 09:38

Berita Terkait

Mempunyai aroma wangi dan cita rasa dingin menyegarkan, daun mint atau dikenal dengan nama Mentha ini digemari banyak orang. Daun mint juga dipercaya dapat mencegah dan mengatasi beberapa penyakit, salah satunya demam. 

Oleh : Marsita Riandini

Aroma wangi dan semriwing daun mint disebabkan kandungan minyak asiri berupa minyak menthol. Daun ini mengandung vitamin C, Vitamin E, provitamin A,  fosfor, besi, kalsium dan potasium, serat, klorofil dan fitonutrien juga banyak terkandung didalam daun mint. Demikian yang disampaikan oleh Ary Mursetyo, S.Si.T, MPH kepada For Her. “Setiap dua sendok makan serbuk daun mint mengandung lemak 0.03 gram, serat 0.30 gram, protein 0.12 gram, karbohidrat sebesar 0.48 gram,” Ucap Kepala Seksi Imunisasi dan Penyakit Tidak Menular Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kuburaya ini. 

Banyak orang bingung mengolah daun mint. Sebagian orang menganggap daun mint hanya sebatas sebagai hiasan kue, puding atau minuman. Padahal, lanjut Ary daun ini bisa diolah menjadi beragam masakan, seperti sebagai bumbu seafood, campuran salad, campuran jus, campuran teh atau tumisan, bahkan sebagian produsen pasta gigi telah banyak menggunakan aroma pepermint sebagai rasa yang alami. “Pepermint juga digunakan untuk merawat gigi karena kandungan antispetiknya dapat melindungi gigi dari mikroba dan kuman,” tuturnya.

Rajin mengkonsumsi pepermint akan membuat mulut tetap sehat dan nafas menjadi segar. Pepermint juga bisa menghilangkan stres. Secangkir teh mint bisa membuat pikiran menjadi tenang. Selain itu, mint juga bisa menghilangkan racun yang ada dalam tubuh karena mint bersifat diuretik dan anti mikroba.

Dibalik khasiatnya, mengonsumsi daun mint juga bisa menyebabkan kerugian bagi seseoang dengan kondisi tertentu. “Daun mint harus dikonsumsi dengan jumlah yang terbatas. Terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsi mint akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Daun mint dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan,” ucap dia. 

Bagi Anda yang memiliki kulit yang sensitif, gunakan sarung tangan saat menyentuh daun mint. Menurut Ary, daun mint ini bisa menyebabkan iritasi pada tangan dan dapat menimbulkan gatal-gatal. “Jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan iritasi lambung, mulas-mulas, kulit menjadi kemerahan. Bahan bagi wanita hamil yang mengonsumsi mint berlebihan bisa mengalami keguguran,”

Bagi para pria sebaiknya mulai mempertimbangkan kembali untuk mengkonsumsi mint. Beberapa penelitian menyebutkan jika terlalu sering mengkonsumsi mint baik dalam bentuk daun mint segar, dalam bentuk minuman atau makanan, bisa menyebabkan pria mengalami impotensi. “Sangat disarankan bagi para pria untuk membatasi konsumsi mint dalam bentuk apapun. Jika mint ini entah itu minuman, makanan atau pun rokok mint tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak oleh pria,” tuturnya. 

Didalam artikel popular disebutkan bahwa daun peppermint memiliki aroma khas yang menenangkan. Sayangnya, senyawa tertentu dalam ramuan mint dapat mengurangi pasokan air susu pada wanita. “Menurut beberapa kepercayaan teh peppermint sering digunakan sebagai obat holistik untuk membantu menghentikan produksi susu setelah penyapihan. Dengan kata lain, tanaman ini akan mengurangi kuantitas ASI sehingga harus dihindari oleh ibu menyusui,” pungkasnya. **

/////////////////////////////

Beberapa Manfaatkan  Daun Mint Untuk Kesehatan, Diantaranya :

1.    Mengatasi nyeri 

Arispasdonic yang terkandung dalam daun mint bermanfaat untuk mengendurkan otot yang tegang. Dengan demkian, daun mint sangat cocok untuk mengatasi nyeri pada tubuh. “Daun mint sudah berabad-abad digunakan sebagai obat, salah satunya yaitu obat nyeri. Daun mint sangat ampuh untuk mengatasi rasa nyeri dalam tubuh,” ucap Ahli Gizi Ary Mursetyo.

2.    Mengatasi demam

Ddaun mint memberikan efek dingin pada tubuh, meskipun kita berada dibawah terik matahari, namun daun mint mampu memberikan efek yang berbeda. “Nah karena efek ini pula, daun mint sering digunakan untuk menurunkan demam. Daun mint sangat ampuh untuk menurunkan demam atau suhu tubuh yang dingin,” jelas dia. 

3.    Mengatasi gangguan pernafasan

Gangguan pernafasan seperti hidung tersumbat, atau sesak nafas dapat diatasi dengan menggunakan daun mint. Daun mint mengandung mentol, yaitu bahan yang umum digunakan sebagai obat flue.” Aroma mentol ini yang mampu membuka saluran pernafasan karena mengandung anti inflamasi. Anti bakteri yang terdapat pada daunt mint juga membantu mengobati infeksi akibat bakteri,” terang dia. 

4.    Menyehatkan sistem pencernaan

Daun mint juga memiliki manfaat luar biasa untuk sistem pencernaan. Kandungan dan kadar yang terdapat pada daun mint juga tidak terdapat efek membayakan bagi tubuh kita. Antioksidan dan fitonutrien dalam daun mint sangat menyehatkan sistem pencernaan

5.    Meredakan batuk.

Batuk dan dahak dalam tenggorokan dapat diatasi dengan daun mint. Hal ini dikarenakan daun memiliki aroma yang dapat membuka rongga bagian hidung serta melegakan pernafasan

6.    Mencegah kanker

Daun mint mengandung vitamin  C dan antioksidan yang terdapat dalam daun mint berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab segala macam penyakit salah satunya yaitu kanker.dan antioksidan mampu menangkal semua radikal bebas, sehingga pertumbuhan kanker akibat radikal bebas dapat dicegah.

7.    Meningkatkan nafsu makan, 

Jika anda memiliki masalah nafsu makan, daun mint dapat menjadi solusinya. Daun mint sering digunakan dalam campuran masakan, aroma daun mint ini akan membuat nafsu makan meningkat. “Daun mint bisa digunakan sebagai campuran masakan agar anda lebih berselera ketika makan,” pungkasnya. (mrd)

 

Berita Terkait