Ketika Anak Punya Penghasilan

Ketika Anak Punya Penghasilan

  Rabu, 4 November 2015 08:28
Gambar dari Internet

Berita Terkait

Bakat kewirausahaan seseorang biasanya sudah terlihat sejak kecil. Bahkan ada yang memilih melakukan usaha kecil untuk memperoleh  tambahan uang jajan.  Tak hanya wirausaha, anak yang memiliki bakat di bidang tertentu sering pula mampu meraih penghasilan dengan ikut berbagai even.Oleh : Marsita Riandini

Dunia anak dikenal dengan dunia bermain dan belajar. Mereka bisa dengan mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan. Meski demikian ada pula anak yang sudah bisa menghasilkan uang. Tentu saja ini menjadi kebanggaan bagi orang tua. Di usia tersebut mereka sudah memikirkan bagaimana mencari uang.Tapi tentu saja ini harus melalui pantauan orang tua, sebab biar bagaimana pun mencari uang bukanlah tugas utama mereka. Demikian yang disampaikan oleh Endah Fitriani, M. Psi, Psikolog kepada For Her. “Namanya anak,karakternya beragam. Ada yang tidak malu untuk mencari uang, dia jualan. Dia lebih percaya diri, berani untuk hal tersebut. Biasanya mereka ingin melakukan sesuatu yang bisa dia nikmati, bahkan bisa menghasilkan uang,” kata konselor di BKKBN Kalbar ini.

Penghasilan yang didapat anak bisa dengan cara yang beragam. Ada yang membantu usaha orang tuanya, misalnya menjual kue, aksesoris home made,  ada pula dari bakat yang mereka miliki. “Di sekolah-sekolah biasanya ada anak yang jualan, baik itu pita rajutan, kue, dan lainnya,” timpalnya.Saat ini anak-anak sudah mulai diperkenalkan dengan wirausaha. Hal ini bernilai positif terutama untuk perkembangannya. “Orang tua bisa memperkenalkan tentang wirausaha kepada anak sejak mereka duduk di bangku sekolah dasar. Bahkan boleh diajarkan langsung, misalnya orang tua punya usaha online shop atau usaha lainnya. Tentu saja menyesuaikan usia anak,” ucap Endah.

Anak yang sudah mengenal wirausaha sejak kecil, biasanya lebih mandiri. Mereka juga terlatih kesabarannya. “Anak bisa belajar mengenal uang. Dia memahami bahwa sebuah usaha itu tidak bisa langsung mendapatkan uang. Bagaimana proses mendapatkan uang,” katanya.Tentu saja penghasilan yang diraih anak ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Hanya saja  ini bisa menambah uang jajan mereka. “Anak yang memiliki bakat biasanya juga mampu meraih penghasilan sendiri. Biasanya bakat tersebut diikutsertakan dalam lomba. Bila anak memiliki kemampuan yang mumpuni, maka semakin banyak even yang diikuti, semakin besar kesempatan anak meraih uang,” ungkap guru BK di SMP Negeri 10 Pontianak ini.

Biasanya tujuan orang tua mengikutsertakan anaknya lomba bukan karena uang, melainkan agar anaknya semakin terasah dan percaya diri. “Tentu saja bakat yang dimiliki anak ini harus dilatih. Ini baik untuk masa depan anak kelak,” jelasnya.Namun, lanjut dia jelas orang tua harus memahami batasannya. Jangan sampai malah menjurus pada eksploitasi anak. “Ini tergantung niat, selama anak nyaman melakukannya, dan orang tua tidak memaksa, maka tidak mengapa. Lain halnya jika penghasilan anak ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga, bahkan anak menjadi tulang punggung keluarga. Meskipun ada beberapa keluarga yang tidak mampu, yang mau tidak mau anaknya harus membantu,” ujar dia.Jangan sampai kesenangannya untuk mendapatkan uang malah membuat tugas utamanya yakni sekolah dan belajar menjadi terbengkalai. “Ada anak yang asyik dengan kegiatan ini itu, akhirnya bolos sekolah, itu yang harus dipantau orang tua,” pungkasnya mengingatkan. **

Berita Terkait