Keterampilan Cabut Duri Ikan

Keterampilan Cabut Duri Ikan

  Sabtu, 12 December 2015 09:36
PELATIHAN: Puluhan ibu-ibu petambak tradisional dari Desa Sebatuan Kecamataan Pemangkat Kabupaten Sambas mencabut duri ikan. ISTIMEWA

Berita Terkait

PULUHAN ibu-ibu dari petambak tradisional dari Desa Sebatuan Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas antusias mengikuti pelatihan cabut duri ikan yang digelar Walmart Foundation dan Sustainable Fisheries Partnership bekerjasama dengan SaranaAgrotama serta Jurusan Ilmu Kalautan dan Perikanan-PoliteknikNegeri Pontianak.

Acara yang dipusatkan di SDN 14  belum lama ini juga mendapatkan sambutan hangat dari camat,  kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sambas beserta pemuka masyarakat di sana. Camat Pemangkat, Kabupaten Sambas, Agustian.Agustian mengaku, kegiataan ini perlu dilakasanakan secara berkelajutan sebab banyak sekali ibu-ibu petambak ikan untuk mengolah hasil perikanannya.

“Dengan menguasai keterampilan cabut duri ikan, maka saya yakin kaum ibu diwilayah saya dapat mengolah hasil perikanan yang lebih baik lagi sekaligus mendorong ibu-ibu membuat kreasi olahan panganan ikan yang bernilai gizi tinggi,” terangnyaIa menambahkan, hasil pengolahan perikanan tanpa duri ikan  ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan kepada ibu-ibu petambak, hal ini dikarenakan mereka bisa mengolah hasil perikanan yang enak, aman dan siap dikonsumsi. 

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelatihan, Zainoedin Arif dan Rizki mengatakan, kegiataan  pelatihan cabut duri ikan ini merupakan program pelatihan Cara Budidaya Udang dan Ikan yang  baik dan benar ( CBIB ) untuk para petambak tradisional dengan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan propinsi Kalimantan Barat.Kegiataan ini juga merupakan rangkaian   pembinaan terhadap petambak tradisional sehingga dapat melaksanakan kegiatan budidaya dengan cara yang  benar sekaligus memperhatikan kualitas dari sebuah produk perikanan. (ing)

Berita Terkait