Kesibukan Menjelang Pilkada Serentak Sortir dan Lipat Surat Suara

Kesibukan Menjelang Pilkada Serentak Sortir dan Lipat Surat Suara

  Senin, 23 November 2015 15:43
LIPAT SURAT SUARA : Petugas saat melipat dan mensortir surat suawa dibawah pengawalan ketat dari aparat kepolisian polres kapuas hulu. FOTO MUSTA’AN

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu satu persatu sukses di selenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu. Dalam beberapa hari terakhir ini KPU tengah disibukan kegiatan penyelesaian pelipatan surat suara untuk 9 Desember 2015 mendatang. Diharapkan tanggal 22 November mendatang pelipatan dan penyortiran suarat suara sudah tuntas.

Komisioner KPU Kapuas Hulu Awang Ramlan Iskandar, SE, Kamis (19/11) siang mengatakan, surat suara sedang dalam proses sortir, lipat dan pengepakan dengan melibatkan masyarakat yang sudah terlibat pelipatan surat suara pada Pemilu-pemilu sebelumnya. Ditargetkan, pelipatan surat suara selesai 22 Novmber. Selanjutnya di distribusikan ke Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) 1-3 Desember.

"Perioritas distribusi untuk Kecamatan Putussibau Selatan, hulu Kapuas dan Silat. Intinya untuk daerah yang sulit dijangkau," terangnya. Awang optimis jika kondisi cuaca masih seperti sekarang, maka distribusi untuk daerah yang ditempuh melalui jalur sungai berjalan lancar. "Karena sudah mulai musim hujan, seperti daerah danau, saya rasa tidak mengalami kendala yang berat," katanya.

Ditambahkannya, distribusi surat suara tersebut melibatkan sekretariat KPU, kemudian kepolisian untuk pengamanan. Langkah mengantisipasi banjir, KPU telah menginstruksikan ke seluruh PPK supaya memantau dan melakukan pemetaan wilayah berpotensi banjir."Untuk banjir, kami lakukan pemetaan, kami sudah menyurati PPK supaya memantau iklim di daerah masing-masing," jelasnya.

Dikatakan Awang, surat suara itu untuk mengisi 785 Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Surat suara sebanyak 2,5 persen cadangan, untuk mengantisipasi Pemilu ulang. Bukan putaran kedua," ujar dia. Melihat kondisi yang ada ia yakin semua tahapan pilkada akan berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Seperti tahapan-tahapan sebelumnya sudah bisa dilaksanakan dengan baik.(aan)

 

 

Berita Terkait