Kesempatan Naik ke Puncak Lagi

Kesempatan Naik ke Puncak Lagi

  Sabtu, 12 December 2015 09:09

Berita Terkait

MANCHESTER  - Manchester City berkesempatan mencicipi lagi puncak klasemen Premier League jika mampu mengalahkan Swansea di Etihad Stadium, nanti malam. Meski hanya sesaat, momen memuncaki klasemen punya arti sangat penting bagi para pemain City. Itu  bisa  memulihkan sepenuhnya kepercayaan diri para pemain yang sempat menurun akibat hasil buruk dalam beberapa pekan terakhir.

Kekalahan dari Stoke City pada pekan lalu membuat skuad arahan Manuel Pellegrini ini merosot ke peringkat tiga klasemen sementara. City mengantongi 29 poin dari 15 pertandingan, tertinggal satu poin dari peringkat dua Arsenal dan berjarak tiga poin dari pemuncak sementara Leicester City.

Tapi The Citizens merespons kekalahan dari Stoke dengan kemenangan 4-2 atas Borussia Monchengladbach pada laga terakhir fase gruo Liga Champions, Rabu lalu. Mereka lolos ke babak knock out dengan status juara Grup D. Itu artinya City tak akan menghadapi tim-tim elit seperti Barcelona, Real Madrid, dan Bayer Munchen, di babak 16 Besar nanti.

Mentalitas tim setidaknya sedikit terangkat berkat hasil positif di Liga Champions. Namun, kepercayaan diri para pemain di liga domestik baru akan pulih sepenuhnya jika mampu mengalahkan Swansea di Etihad Stadium, nanti malam. Dengan Arsenal yang baru bermain keesokan harinya, dan Leicester yang akan menjamu Chelsea Selasa dinihari, maka City dipastikan memuncaki klasemen jika berhasil mengalahkan Swansea.

Kans City untuk menang terbuka cukup lebar. Sebab, selain mendapat dukungan penuh fans, City juga diuntungkan karena Swansea sedang mengalami krisis menyusul dipecatnya pelatih Gary Monk, beberapa hari lalu. Monk dipecat karena hingga pekan ke-15 hanya mampu mempersembahkan tiga kemenangan saja.

Akibat hasil itu, The Swans terjerembab di peringkat 15 dengan hanya mengumpulkan 14 poin atau hanya berjarak satu poin saja dari zona degradasi. Hingga kini Swansea belum menunjuk seorang pelatih tetap. Hanya Alan Curtis yang didapuk sebagai caretaker saat Swansea menyambangi markas City nanti malam.

”Ini adalah laga yang harus kami menangkan karena kami ingin kembali memuncaki klasemen secepat mungkin. Kami memperlihatkan karakter tim di babak kedua saat mengalahkan Gladbach. Kami tahu bisa mengalahkan siapapun jika memeragakan performa terbaik,” kata bek City Eliaquim Mangala seperti dilansir AFP.

Ya, dengan segala keuntungan itu, kemenangan adalah hal yang mutlak diraih meski The Citizens tak akan diperkuat bomber utamanya, Sergio Aguero, yang masih menjalani pemulihan. Toh, tanpa Aguero, Pellegrini masih memiliki pemain depan berkualitas seperti Wilfried Bony yang ikut menyumbang satu gol saat timnya membungkam Monchengladbach.

Bony akan didukung barisan gelandang haus gol pada sosok Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan David Silva. Dengan materi itu, The Citizens sangat berpeluang mempertahankan catatan positif mereka setiap menjamu Swansea di Etihad Stadium. Dalam empat pertemuan kandang terakhir, Yaya Toure dan kawan-kawan berhasil melesakkan 10 gol dan hanya kebobolan satu gol saja. (ish)

 

Siaran Langsung Indosiar, Sabtu (12/12) Pukul 22.00 WIB

Stadion: Etihad Stadium

Wasit: Robert Madley

 

 

 

PERKIRAAN PEMAIN

 

Man City (4-2-3-1): 1 Hart; 3 Sagna, 30 Otamendi, 20 Mangala, 11 Kolarov; 25 Fernandinho, 42 Toure; 17 Bruyne, 21 Silva, 7 Sterling; 14 Bony

 

Pelatih: Manuel Pellegrini

 

 

 

Swansea (4-2-3-1): 1 Fabianski; 26 Naughton, 27 Bartley, 6 Williams, 3 Taylor; 8 Shelvey, 4 Sung-Yong; 20 Montero, 23 Sigurdsson, 10 Ayew; 18 Gomis

 

Pelatih: Alan Curtis

 

 

Berita Terkait